PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pemerolehan Bahasa Kedua pada Remaja di Desa Taraban Larangan Pamekasan

UMMI AIMANOL KHOSNIYAH - Nama Orang;

Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa Kedua, Remaja.
Pemerolehan bahasa merupakan proses yang berlangsung di dalam otak
seorang anak ketika memperoleh bahasa.Pemerolehan bahasa kedua merupakan
pemerolehan bahasa setelah seseorang memperoleh bahasa pertamanya. Pada
hakikatnya, remaja merupakan masa peralihan dari masak kanak-kanak menuju
masa dewasa. Masa remaja dikatakan usia yang baik dan akan berhasil dalam
proses pembelajaran bahasa kedua.
Berdasarkan uraian tersebut maka ada 2 hal yang akan peneliti
deskripsikan, yaitu pertama, bagaimana pemerolehan bahasa kedua pada remaja
di desa Taraban Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana faktor pendukung dan
penghambat dalam pemerolehanbahasa kedua pada remaja di desa Taraban,
Larangan, Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah remaja usia 12-15 tahun di desa Taraban
Larangan Pamekasan. Sedangkan data dalam penelitian ini berupa hasil
wawancara antara peneliti dengan remaja di desa Taraban yang berkaitan dengan
bahasa pertama dan bahasa kedua remaja.Prosedur pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemerolehan bahasa
kedua remaja di desa Taraban Larangan Pamekasan ialah dengan cara ia
berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunaan bahasa Indonesia.
Memperoleh bahasa kedua remaja juga dengan mendengarkan pembicaraan orang
lain yang menggunakan kosa kata baru dan mencatatat hingga mencari mana dari
kosa kata baru itu.
Kedua, berhasil tidaknya pembelajaran bahasa kedua karena lima faktor,
yaitu faktor motivasi, faktor usia, faktor penyajian formal, faktor bahasa pertama,
dan faktor lingkungan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 172021050 UMM P
172021050
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172021050 UMM P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xi+78, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172021050
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Strategi Pembelajaran
SKRIPSI TBIN 2021
Info Detail Spesifik
050
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?