Text
, Penggunaan Bahasa Persuasi pada Promosi Produk HNI (Halal Network Internasional) di Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci :Bahasa Persuasi, promosi, Produk HNI
Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi dan
meyakinkan orang lain. Dengan persuasi setiap individu mencoba berusaha
memengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain. Persuasi pada prinsipnya
merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam
kondisi dimana kedua belah pihak sama-sama memahami dan sepakat untuk
melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak. Berkomunikasi dengan
sesama, setiap individu berharap pesan yang disampaikan tersebut dapat
dimengerti dan dipercaya.
Dalam dunia bisnis persuasi sering ditemukan dalam promosi. Kalimatnya
yang menarik memudahkan calon konsumen untuk membelinya. Salah satu
promosi yang menggunakan bahasa persuasi untuk menawarkan produknya
adalah produk HNI (Halal Network Internasional). HNI adalah perusahaan halal
network internasional yang mengeluarkan produk-produk herbal mulai dari
kesehatan, kecantikan, serta rumah tangga. Strategi informasi yang digunakan
oleh pihak HNI untuk menarik calon konsumen adalah dengan menggunakan
bahasa persuasi. Hal ini digunakan agar produk HNI dapat bersaing dalam
menarik calon konsumen untuk menggunakan produk yang mereka pasarkan.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka ada dua fokus penelitian yang
menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu : pertama, bagaimana wujud
bahasa persuasi yang digunakan pada promosi produk HNI di Kabupaten
Pamekasan; kedua, bagaimana teknik persuasi yang digunakan pada promosi
produk HNI di Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah kalimat atau bahasa yang digunakan
pada saat promosi. Sumber data dalam penelitian ini adalah salah satu distributor
produk HNI yang ada di Pamekasan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui
simak, catat dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari penggunaan bahasa persuasi pada promosi produk
HNI mencakup (1) terdapat 30 data yang ditemukan oleh peneliti sudah termasuk
dalam kategori sifat bahasa persuasi yaitu ajakan, anjuran atau saran, perintah, dan
menegaskan. (2) dari seluruh teknik persuasi yang digunakan terdapat 14 teknik
rasiolisasi, 5 teknik identifikasi, 2 teknik sugeati, 3 teknik konformitas, dan 6
teknik kompensasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
rasiolisasi merupakan teknik yang paling dominan digunakan pada promosi
produk HNI di Kabupaten Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain