Text
Implementasi Metode PAIKEM dalam Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas X MA Negeri Sampang
Kata Kunci: Implementasi, Metode PAIKEM, Menulis Cerpen
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode PAIKEM, diharapkan
berkembangnya berbagai macam inovasi kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang Partisipatif, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan.
Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian pertama, bagaimana
implementasi metode PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen? Kedua, apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode PAIKEM
dalam keterampilan menulis cerpen? Ketiga, bagaimana solusi untuk mengatasi
faktor penghambat dalam implementasi meto de PAIKEM dalam keterampilan
menulis cerpen?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian
deskriptif. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Langkah yang digunakan dalam menganalisis data dengan reduksi
data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti
menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan
triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini terjawab, proses pembelajaran dengan metode
PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen yaitu guru mampu menciptakan
suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa dengan antusias
mengikuti pembelajaran, sehingga pada saat kegiatan menulis cerpen siswa
dengan mudah menciptakan sebuah karangan cerita pendek yang menarik karena
guru dapat membuat siswa berpikir kreatif. Sehingga hasil belajar dari siswa
sangat baik dan siswa dapat dengan mudah menyelesaikan tugas yang diberikan
guru.
Tidak tersedia versi lain