Text
Dampak Kondisi Orang Tua Broken Home Terhadap Motivasi Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Di SMK Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan)
Kata Kunci : Broken Home, Motivasi Belajar.
Manusia diciptakan untuk hidup bersama karena manusia merupakan
mahluk sosial. Dalam kehidupan bersama manusia ditakdirkan berpasangan.
Dalam keluarga broken home, fungsi ayah dan ibu sebagai orang tua tidak
berjalan dengan baik. Orang tua yang bercerai seringkali melalaikan tugas dan
tanggung jawabnya dalam mendidik dan mengurus anaknya. Salah satu dampak
broken home terhadap anak adalah motivasi belajar menurun. Pada kenyataannya
motivasi setiap siswa berbeda, ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi
dan ada yang rendah. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi menampakkan
minat dan perhatian yang besar terhadap tugas belajar, tanpa mengenal bosan atau
menyerah. Sebaliknya siswa yang memiliki motivasi belajar rendah
menampakkan ke engganannya, cepat bosan dan berusaha menghindari dari
kegiatan belajar.
Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana
motivasi belajar siswa dengan kondisi orang tua broken home di SMK Al-Huda
Sumber Nangka Larangan Pamekasan 2). Apa saja dampak kondisi orang tua
broken home terhadap motivasi belajar siswa di SMK Al-Huda Sumber Nangka
Larangan Pamekasan 3). Bagaimana treatment yang dilakukan oleh guru BK
untuk mengatasi motivasi belajar siswa yang rendah pada kondisi orang tua
broken home di SMK Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan informannya adalah guru dan siswa dengan kondisi
orang tua broken home di SMK Al-huda sumber nangka larangan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa 1). Motivasi belajar siswa dengan
kondisi orang tua broken home di SMK Al-Huda Sumber Nangka Larangan
Pamekasan rendah, hal itu ditandai dengan ketidaktertarikan siswa dalam
bersekolah dan belajar. Namun karena merasa kasihan terhadap kerja keras orang
tua mereka untuk membiayai sekolahnya, membuat mereka tetap bersekolah dan
belajar 2). Dampak dari kondisi orang tua broken home terhadap motivasi belajar
siswa di SMK Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan antara lain siswa
sering datang telambat ke sekolah, tidak mengerjakan tugas/PR, tidak
memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung, tidur di dalam kelas, dan bolos
sekolah. 3). Treatmen yang digunakan guru BK SMK Al-Huda Sumber Nangka
Larangan Pamekasan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah
yaitu menggunakan konseling individu dengan pendeketan behavioral dan teknik
reinforcement positif melalui beberapa tahapan. 1). Tahapan pertama: identifikasi
masalah, 2). Tahapan kedua: guru BK memberikan pertanyaan dan penyelesaian
terhadap masalah siswa. 3). Tahap akhir konseling. Sedangkan faktor pendukung
kegiatan konseling yaitu sikap antusias siswa. Dan faktor penghambat konseling
yaitu kurang terbukanya siswa dan tidak adanya ruangan guru BK dan konseling
Tidak tersedia versi lain