Text
Implementasi Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran Luring dan daring, Membentuk Karakter,
Pendidikan Agama Islam
model pembelajaran luring dan daring adalah dua model pembelajaran yang
berpusat pada guru, hal ini menjadikan peran guru sangatlah penting dalam
melaksanakan dua model pembelajaran tersebut karena guru harus mampu
melaksanakan dua model pembelajaran dengan keharusan memiliki nilai nilai
karakter dalam dirinya agar mampu menjadi tauladan bagi peserta didik.
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu : pertama bagaimana langkah
langkah guru dalam melaksanakan Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam
Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas X di SMK Negeri 1 Pamekasan, kedua apasaja faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam
Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas X di SMK Negeri 1 Pamekasan, ketiga bagaimana gambaran hasil pelaksanaan
Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri 1
Pamekasan.
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan
data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara semi
terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala
Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru dan Siswa kelas X. Teknik analisis
data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verivikasi. Sementara teknik
pengecekan keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, langkah langkah guru dalam
melaksanakan Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Membentuk Karakter
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri
1 Pamekasan ialah menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi
pembelajaran, memberikan latihan dan mengecek pemahaman siswa dengan
memberikan soal soal,dan penerapan, kedua, faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Membentuk Karakter
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri
1 Pamekasan ialah faktor pendukungnya ialah Sekolah dan pendidik sangat
mementingkan hasil dari pembelajaran, Pembelajaran yang lebih fleksibel,
Pembelajaran yang dilakukan secara daring menumbuhkan sikap kemandirian siswa
dengan menyiapkan pembelajaran secara mandiri, Pembelajaran daring dapat
dilakukan dimana saja. Sedangkan faktor penghambatnya ialah Pada pembelajaran
perserta didik berbeda beda dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru,
Pada pembelajaran daring peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran,
Pada pembelajaran daring peserta didik yang tinggal dipelosok mengalami kesulitan
dalam jaringan internet, Peran guru harus mampu membuat peserta didik tidak bosan
dengan mengikuti pembelajaran daring maupun luring. Ketiga, gambaran hasil
pelaksanaan Model Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Membentuk Karakter
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri
1 Pamekasan ialah Model pembelajaran luring dan daring dapat membuat siswa
mandiri, disiplin, dan membuat siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran,
Memudahkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran, Guru memberikan
pembiasaan tauladan yang baik kepada siswa untuk membentuk karakter peserta
didik
Tidak tersedia versi lain