Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan siswa, administrasi kesiswaan
Pelayanan administrasi kesiswaan merupakan pemberian layanan kepada
siswa yang diberikan oleh penyelenggara sekolah baik berupa pencatatan, dan
proses pengelolaan lainnya yang dilakukan mulai dari siswa masuk sampai lulus
sekolah. Pelayanan administrasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
kepuasan siswa dikarenakan jika pelayanan yang diberikan melebihi dari harapan
siswa, maka siswa akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelayanan administrasi kesiswaan
dan kepuasan siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; kedua,
apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan administrasi kesiswaan terhadap
kepuasan siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; ketiga, berapa
besar pengaruh kualitas pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan
siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif yang
bersifat korelasi. Adapun pengambilan sampelnya menggunakan metode
stratified random sampling yang merupakan pengambilan sampel secara acak dan
bertingkat dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu angket dan observasi. Sedangkan analisis data
yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan uji korelasi rank spearman
dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelayanan administrasi
kesiswaan dan kepuasan siswa sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis
statistik deskriptif dengan banyaknya responden menyatakan setuju dengan
pelayanan administrasi, sedangkan untuk kepuasan siswa pada item Y.1
responden menyatakan sangat setuju dan pada item lainnya menyatakan setuju.
Adapun berdasarkan observasi yang dilakukan yaitu pelayanan administrasi
kesiswaan dan kepuasan siswa sudah baik karena dapat dilihat dari sikap ramah,
cepat tanggap, dan tepat waktu dari tenaga administrasi dalam memberikan
pelayanan kepada siswa. Kedua, Ada pengaruh antara kualitas pelayanan
administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa yang dibuktikan dengan hasil
pengujian hipotesis dengan uji rank spearman yang menunjukkan bahwa nilai
thitung = 9,605 > ttabel = 0,217 atau p-value = 0,000 < ɑ = 0,05. Sehingga terjadi
penolakan H0 (H1 diterima). Ketiga, Besar pengaruh kualitas pelayanan
administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa adalah “kuat”. Hal tersebut
diketahui berdasarkan hasil perhitungan korelasi rank spearman (rs = 0,728). Hasil
uji korelasi rank spearman ini berada pada interval koefisien antara 0,70 – 0,90
yang tergolong dalam tingkat pengaruh yang kuat dan positif
Tidak tersedia versi lain