Text
Kinerja guru dalam pengelolaan kelas di MA Matsaratul Huda Debuan Pamekasan.
Kata kunci : kinerja guru, pengelolaan kelas.
Kinerja guru merupakan kualitas kerja seorang guru, kecepatan/ ketepatan,
inisiatif/ cara guru dalam mengajar, komunikasi yang baik di perlukan bagi
seorang guru untuk menjalin kemitraan yang baik antara guru dengan siswa dan
siswa dengan guru serta guru di tuntut untuk dapat menyelesaikan setiap
permasalahan yang ada dikelas atau pada saat proses pembelajaran berlangsung
sehingga guru dapat membuat siswa lebih merasa nyaman pada saat menerima
pelajaran.
Pengelolaan kelas merupakan kegiatan menciptakan ,mempertahankan dan
mengembalikan kondisi yang optimal dalam proses pembelajaran untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Sehingga secara keseluruhan
dapat di simpulakan kinerja guru dalam pengelolaan kelas merupakan cara/ upaya
yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengatur proses pembelajaran di kelas
untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif dan efisien dan menciptakan
situasi belajar mengajar yang nyaman antara guru dan siswa.
Fokus peneliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kinerja guru
dalam pengelolaan kelas yang dikembangkan di MA Matsaratul Huda Debuan
Pamekasan? 2) Apa kendala yang di hadapi dan cara mengatasi kendala dalam
program kinerja guru dalam pengelolaan kelas di MA Matsaratul Huda Debuan
Pamekasan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem
pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dan apa saja yang menjadi kendala
serta cara yang dilakukan oleh guru dalam menyelesiakan kendala program
pengelolaan kelas di MA Matsaratul Huda Debuan Pamekasan .
Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti memilih pendekatan penelitian
kualitatif untuk memperoleh data, penulis melakukannya dengan tehnik
wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menguji keabsesan.
Hasil penelitian ini menunjukan 1. kinerja guru dalam pengelolaan kelas
yang dilakukakn di MA Matsartul Huda di sesuaikan dengan Kurikulum dari
pemerintah yaitu K13 namun karena kurangnya fasilitas sehingga sekolah
memadukan anatara K13 dan KTSP dimana guru sebelum memulai pelajaran
tetap berpatokan dengan adanya RPP 2. Guru sebelumnya harus menyiapkan dua
planning dalam memberikan materi pembelajaran 3. Guru melakukan evaluasi
pelajaran sebelum jam pelajaran berakhir untuk menilai sejauh mana siswa
mengerti pelajaran yang di berikan oleh guru.
Kedua, kendala dalam penerapan kinerja guru dalam pengelolaan kelas
disini adalah pertama Terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana dari pihak
sekolah, kedua Letak sekolah yang cukup jauh sehingga baik guru maupun siswa
butuh waktu yang lama untuk menempuh perjalanan ke sekolah, ketiga
Rendahnya kesadaran guru pengajar, ke empat Rendahnya kesadaran siswa
maupun wali murid tentang pentingnya pendidikan
Tidak tersedia versi lain