Text
Implementasi Manajemen Kelas dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi di MA At-taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Literasi Sekolah
Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu upaya yang dilakukan secara menyeluruh di
dalam sekolah untuk menjadikan warganya literat sepanjang hayat. Dengan sekolah yang masih
belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai guru masih menjalankan Gerakan Literasi
dengan berbagai strategi. Pelaksanaan Gerakan Literasi bertujuan untuk menambah wawasan
lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan implementasi manajemen kelas dalam
menumbuhkembangkan budaya literasi. 2) Mendiskripsikan hasil implementasi manajemen kelas
dalam menumbuhkembangkan budaya literasi. 3) Mendiskripsikan faktor pendukung dan
penghambat implementasi manajemen kelas dalam menumbuhkembangkan budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang
berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Instrumen kunci adalah
peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di MA At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep.
Data dianalisis dengan cara mereduksi data dan menyajikan data, dan menarik kesimpulan,
kemudian dengan menguji keabsahan data hasil penelitian dilakukannya perpanjangan penelitian,
meningkatkan ketekunan dan juga triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi manajemen kelas dalam
menumbuhkembangkan budaya literasi di MA Attaufiqiyah adalah: a) Landasan kegiatan, b)
Langkah-langkah kegiatan literasi, 2) Hasil impelementasi manajemen kelas dalam
menumbuhkembangkan budaya literasi: a) Meningkatnya minat baca siswa, b) Meningkatnya
kreatifitas siswa. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kelas dalam
menumbuhkembangkan budaya literasi siswa: a) Faktor pendukung tersedianya fasilitas yang
menjadi penunjang terhadap penerapan budaya literasi siswa, b) Faktor penghambat adalah
membutuhkan waktu yang lebih lama karena waktu masih sedikit, kemudian siswa masih kurang
memahami buku yang meraka baca sehingga masih butuh bimbingan dari guru.
Tidak tersedia versi lain