Text
Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mengembangkan Kecerdasn Intelektual Peserta Didik di MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Berbasis TIK
Manajemen pembelajaran berbasis TIK merupakan suatu bentuk
pengaturan atau pengelolaan pembelajaran dengan memadukan antara suatu
proses pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media tersebut
bersifat teknologi, baik itu bersifat internet, penggunaan vidio, LCD dan alat TIK
lain nya. terdapat 4 fungsi manajemen yang harus dilakukan dalam pembelajaran
berbasis TIK yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
pengorganisasian pembelajaran dan evaluasi atau hasil
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu yang pertama yaitu, Bagaimana Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di
MAN 2 Pamekasan.? dan yang kedua yaitu bagaimana Pembelajaran Berbasis
TIK dapat Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Siswa Di MAN 2
Pamekasan.?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenisnya studi kasus, data yang di peroleh dalam
penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Sedangkan
pengecekan keabsahan data di lakukan melalui ketekunan pengematan dan
trianggulasi
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama,
manajemen pembelajaran berbasis TIK di MAN 2 Pamekasan dikatakan baik,
karena sebelum pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK di terapkan, diatur dan
dikelola dengan sedemikian rupa agar tercapai sesuai tujuan. Dimana pengaturan
atau manajemen dalam pembelajaran berbasi TIK ada empat fungsi dimana yang
pertama perencanaan pembelajran, yang kedua pelaksanaan pembelajaran yang
ketiga pengorganisasian pembelajaran dan yang keempat evaluasi atau hasil.
Kedua , pengaruh manajemen pembelajran berbas TIK dalam mengembangkan
kecerdasan intelektual peseta didik di MAN 2 Pamekasan yaitu dalam penerapan
pembelajaran berbasis TIK secara signifikan dapat mengembangkan kecerdasan
peserta didik, karena manfaat TIK dalam pendidikan bagi siswa bisa
memeperoleh ilmu secara mandiri dengan memanfaatkan secara maksimal
penggunaan TIK, serta dalam masa pandemi sperti sekarang TIK berperan penting
dalam pendidikan, karena diharuskan pembelajaran secara dring yang
mengakibatkan pembelajarn TIK di gunakan secara penuh di MAN 2 Pamekasan.
Akan tetapi dibalik dampak positif penggunaan TIK, terdapat dampak negatif dari
penggunaan pembelajaran TIK yaitu pembelajaran kurang efisien dan terdapatbagi siswa yag malas memanfaatkan pembelajaran daring di gunakan dengan
seenaknya.
Tidak tersedia versi lain