Text
Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan
Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Siswa.
Sarana dan prasarana adalah faktor pendukung terlaksananya progam sekolah, khususnya kegiatan pembelajaran yang digunakan sebagai alat atau penunjang proses pendidikan dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Disetiap lembaga pendidikan Islam pasti memiliki sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pengoptimakan pembelajaran oleh masing-masing lembaga pendidikan islam atau umum.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan; 2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan; 3) Bagaimana evaluasi pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui penpanjangan keikutsertaan serta triangulasi dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pengelolaan sarana dan prasarana dalam menunjang mutu membelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan yaitu sebagian besar menyusun serta mengadakan rapat dari seluruh civitas akademik madrasah membahasah cara mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada agar bisa digunakan secara efektif dan efisien; 2) Pelaksanaan pengeloaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud yaitu dari tahap pengadaan sarana prasarana, pengawasan atau pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. Proses pelaksanaan ini dilakukan setelah perencanaan, bahwa pelaksanaan tersebut harus berdasarkan tujuan madrasah, yaitu mengoptimalkan sarana dan prasarana kepada siswa; 3) Evaluasi pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud, yaitu bahwa dari tahap pelaksanaan tersebut akan diketahui seberapa besar tingkat keberhasilan penggunaan sarana prasarana berbasis Islam, jika diketahui tidak atau belum berhasil mencapai target maka madrasah perlu mengevaluasi atau merancang kembali sampai proses pelaksanaan tersebut mencapai target keberhasilan mutu pembelajaran siswa.
Tidak tersedia versi lain