Text
Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku The Miracle Of Giving Karya Ustadz Yusuf Mansyur, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri, Pembimbing
Kata Kunci : Analisis Isi, Pesan Dakwah
Dakwah adalah aktifitas yang sangat penting dalam Islam. Dengan dakwah Islam dapat tersebar dan diterima oleh manusia. Dalam kehidupan masyarakat, dakwah berfungsi menata kehidupan yang agamis menuju terwujudnya masyarakat yang harmonis dan bahagia di kehidupan bermasyarakat. Ajaran Islam yang disiarkan melalui dakwah dapat menyelamatkan manusia dan masyarakat pada umumnya dari hal-hal yang membawa pada kehancuran.
Adapun fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku The Miracle Of Giving Karya Ust. Yusuf Mnasyur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi yang sering di gunakan untuk menganalisis pesan-pesan dalam teks. Penulis menklarifikasi pesan-pesan dakwah persubjudul dan menganalisis pesan-pesan dakwah perbab. Buku tersebut terdiri dari 3 bab.
Berdasarkan data dari hasil penelitian menujukkan bahwa didalam buku The Miracle Of Giving, terdapat banyak pesan-pesan dakwah antara lain: pesan aqidah meliputi, keyakinan, berharap kepada Allah, doa dan harapan. Pesan muamalah meliputi, berdagang, warisan dan menikah.Pesan syariah meliputi, membaca Al-Quran, sedekah, umrah, zakat, puasa dan haji.Pesan akhlak meliputi, ikhtiar, meneladani sahabat-sabahat Nabi, dan kaya untuk ibadah.Semua pesan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Diantara pesan-pesan dakwah yang dominan yaitu, pesan aqidah terutama tentang percaya akan kekuasaan Allah. Meskipun buku tersebut tergolong dalam buku motivasi dan bisnis, yang mengandung pesan muamalah. Namun tujuan sebenarnya adalah untuk memberikan pemahaman tentang keyakinan akan Allah SWT
Tidak tersedia versi lain