Text
Pengaruh Personal Selling Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Personal Selling, Word of Mouth, Keputusan Menabung
Akhir-akhir ini lembaga keuangan syariah, salah satunya perbankan
syariah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berkembangnya perbankan
syariah belum menjangkau sepenuhnya pada UKM (Usaha Kecil Menengah).
Peluang ini mendorong berkembangnya lembaga keuangan syariah non bank,
yaitu BMT. Pemasaran produk merupakan kegiatan penting untuk pengembangan
bagi setiap BMT. Pemilihan strategi yang tepat akan menjadikan pemasaran
produk lebih efektif. Di Pamekasan terdapat beberapa BMT, salah satunya BMT
Nuansa Ummah Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan atau disingkat juga
dengan BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan. Dalam penelitian ini
peneliti ingin lebih mengetahui faktor apa yang mempengaruhi calon anggota baru
untuk memutuskan menabung di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan
Pamekasan, apakah dari ajakan teman/keluarga atau karena adanya kegiatan
sosialisasi dari pihak BMT NU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
apakah Personal Selling dan Word of Mouth berpengaruh terhadap keputusan
menabung di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 340
orang dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 184
anggota sebagai responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan kusioner
dan dokumentasi. Analisi yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda
dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil analisis regresi Y= 13,027 + 0,225X1 + 0,437X2.
Koefisien determinasi sebesar 66,7%. Hasil ini menunjukkan 66,7% keputusan
menabung anggota dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen Personal
Selling dan Word of Mouth. Sedangkan sisanya (100% - 66,7% = 33,3%)
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t
(parsial) variabel Personal Selling (X1) diperoleh thitung 4,386 > ttabel 1,653 dengan
taraf signifikan 0,000< 0,05. Variabel Word of Mouth (X2) diperoleh thitung 5,594
> ttabel 1,653 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t dapat
disimpulkan bahwa variabel Personal Seling dan Word of Mouth berpengaruh
positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan menabung di BMT NU
Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan. Hasil uji signifikasi secara simultan
(uji F) diperoleh Fhitung 73,992 > Ftabel 3,05 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05
menunjukkan bahwa variabel Personal Selling (X1)dan Word of Mouth (X2)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan
menabung di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain