Text
Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2017-2019 IAIN Madura)
Kata Kunci: Label Halal, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.
Industri halal mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun
ini, terutama pada sektor kosmetik di Indonesia. Belakangan ini kebutuhan
sekunder terhadap produk kosmetik dan perawatan kulit semakin meningkat,
apalagi terhadap kosmetik halal. Wardah adalah produk yang pertama kali
mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI yang memiliki konsumen dari
berbagai kalangan termasuk mahasiswi. Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN
Madura merupakan mahasiswi Islam yang dapat menjadi perwakilan dari
komunitas muslim yang menjadi konsumen produk kosmetik Wardah.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin
mengetahui apakah label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk kosmetik wardah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik analisis
data menggunakan regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS 20.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2017-
2019 IAIN Madura. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik Accidental Sampling. Pengambilan sampel ditentukan
dengan rumus slovin dengan jumlah responden sebanyak 75 responden. Instrumen
yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil uji parsial (uji T) dapat disimpulkan bahwa variabel label halal,
kualitas produk dan harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian (Y). Dimana hasil uji parsial (uji T) untuk variabel label halal (X1)
diperoleh Thitung sebesar 3,581 > Ttabel 1,993 dengan taraf siginfikan 0,001 < 0,05
variabel kualitas produk (X2) diperoleh Thitung sebesar 7,283 > Ttabel 1,993 dengan
taraf signifikan 0,000 < 0,05. produk (X3) diperoleh Thitung sebesar 3,142 > Ttabel
1,993 dengan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil uji Signifikansi
secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel label halal (X1), kualitas
produk (X2) dan harga (X3) berpengaruh secara simultan (bersama-sama)
terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah (Y). Hal ini terlihat dari
nilai Fhitung sebesar 123,702 > Ftabel 2,73 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. R
square dalam penelitian ini sebesar 0,839 yang berarti bahwa peran atau
kontribusi ketiga variabel mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian
sebesar 83,9 %. Sedangkan 16,1% yang lainnya di pengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain