Text
Pengaruh Lokasi dan Ujrah terhadap Minat Nasabah Menggadaikan Emas di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci: Lokasi, Ujrah dan Minat Nasabah
Lokasi merupakan keputusan manajemen tentang dimana tempat yang
strategis untuk memberikan pelayanan terhadap konsumen. Lokasi pelayanan jasa
digunakan dalam memasok jasa kepada pelanggan yang dituju merupakan
keputusan kunci. Lokasi merupakan tempat melayani konsumen, dapat pula
diartikan sebagai tempat memajangkan barang. Lokasi yang strategis akan menjadi
jalan pembuka yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Banyak pengusaha
terkadang kurang memahami pentingnya lokasi ketika membuka usaha sehingga
tidak melakukan survei lokasi dan menyusun setrategi yang tepat dalam pemilihan
lokasi tersebut.
Ujrah dalam bahasa Arab mempunyai arti upah atau upah dalam sewa
menyewa. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama,
peneliti ingin mengetahui apakah lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap minat nasabah di BMT NU Jatim Cabang Galis Pamekasan. Kedua,
peneliti ingin mengetahui apakah ujrah mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap minat nasabah di BMT NU Jatim Cabang Galis Pamekasan. Ketiga,
peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang serentak antara lokasi dan
ujrah terhadap minat nasabah menggadaikan emas di BMT NU Cabang Galis
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik analisis
data menggunakan regresi linear berganda, dan dengan bantuan alat analisis SPSS
24. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah gadai emas BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Tekhnik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Accidental
Sampling. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan jumlah
responden yang diambil sebanyak 72 nasabah. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji parsial (uji t) variabel lokasi (X1) diperoleh thitung sebesar 4,213 >
ttabel 0,2319 dengan taraf siginfikan 0,000 < 0,05, variabel ujrah (X2) diperoleh
thitung sebesar 2,984 > ttabel 0,2319 dengan taraf signifikan 0,004 < 0,05 berpengaruh
secara parsial/individu terhadap minat nasabah (Y) menggadaikan emas di BMT
NU Cabang Galis Pamekasan. Hasil uji Signifikansi secara simultan (uji F)
diperoleh Fhitung sebesar 35,983 > Ftabel 3,13 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05
menunjukkan bahwa variabel lokasi dan ujrah mempunyai pengaruh secara
simultan (serentak) terhadap minat nasabah (Y) menggadaikan emas di BMT NU
Cabang Galis Pamekasan
Tidak tersedia versi lain