Text
Pengaruh Motivasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Produk Simpanan Lebaran Di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci: Motivasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menabung
Saat ini, lembaga keuangan bank maupun non-bank mengalami persaingan
yang sangat ketat. Sehingga tidak heran jika setiap lembaga keuangan berlombalomba dalam menarik minat calon nasabah baik lembaga keuangan yang berskala
besar maupun kecil. Motivasi dan kualitas pelayanan sangat diperlukan oleh
lembaga keuangan agar bisa mempengaruhi calon nasabah maupun nasabah agar
bisa melakukan keputusan menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menabung nasabah produk simpanan
lebaran di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Metode yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probality
sampling dengan metode pemilihan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan 76 responden dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data
menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan)
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t untuk variabel motivasi yaitu
memiliki pengaruh terhadap keputusan menabung nasabah dengan nilai tHitung 3,441
> tTabel 1,992 dan taraf signifikan 0,001 < 0,05. Untuk variabel kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung nasabah diperoleh nilai tHitung
3,863 > tTabel 1,992 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Serta pengujian hipotesis
dengan uji f menunjukkan bahwa motivasi dan kualitas pelayanan secara bersamasama atau serentak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung nasabah
dengan fHitung 25,017 > fTabel 3,12 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain