Text
Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Private Label Indomaret (Studi Kasus Pada Konsumen Indomaret Plus Jl. Jokotole No. 22 Kabupaten Pamekasan)
Kata Kunci: Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Risiko,
Keputusan Pembelian, Produk Private Label
Salah satu strategi pengusaha ritel modern untuk meningkatkan penjualan
adalah melalui produk private label (product private label). Private label menjadi
salah satu strategi utama yang digunakan pengusaha ritel untuk menarik
konsumen. PT. Indomarco Prismatama adalah perusahaan Indonesia yang
bergerak di bidang ritel modern (minimarket Indomaret) yang mengembangkan
private label sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif di sektor ritel. Sebagai salah satu ritel yang memiliki produk private
label, Indomaret menawarkan berbagai jenis produk dengan harga murah, namun
kualitasnya mampu bersaing dengan produk private label lainnya.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama apakah variabel persepsi harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk private label di
Indomaret Plus Jl. Jokotole No. 22 Kabupaten Pamekasan, kedua apakah variabel
persepsi kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
produk private label di Indomaret Plus Jl. Jokotole No. 22 Kabupaten
Pamekasan, ketiga apakah variabel persepsi risiko berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk private label di Indomaret Plus Jl. Jokotole
No. 22 Kabupaten Pamekasan, dan keempat apakah variabel persepsi harga,
kualitas produk, dan risiko berpengaruh secara simultan terhadap keputusan
pembelian produk private label di Indomaret Plus Jl. Jokotole No. 22 Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif.
Sumber data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang
pernah membeli atau mengkonsumsi produk private label Indomaret Plus
Kabupaten Pamekasan. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden yang
ditentukan menggunakan metode Sampling Insidental. Sedangkan teknik analisis
data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga
berpengaruh signifikan, sedangkan variabel persepsi kualitas produk dan persepsi
risiko tidak berpengaruh signifikan. Namun, secara simultan variabel persepsi
harga, persepsi kualitas produk dan persepsi risiko berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk private label Indomaret Plus Jl. Jokotole
No. 22 Kabupaten Pamekasan
Tidak tersedia versi lain