Text
Strategi Penetapan Harga Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Matrial Bangunan & Elektronik Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada UD. Aulia Jaya di Pamaroh Kec. Kadur Kab. Pamekasan)
Kata Kunci: Penetapan Harga, Konsumen, Ekonomi Islam
Permasalahan yang sering muncul dalam usaha adalah penetapan harga jual yang tepat
bagi konsumen. Seorang pengusaha perlu mempertimbangkan biaya-biaya dalam produksi dan
perubahan yang terjadi dalam kuantitas produksi apabila ingin dapat menetapkan harga secara
efektif. Selain itu, penetapan harga juga harus sesuai dengan ekonomi islam, yang mana
penetapan harga harus dilakukan secara adil antara konsumen satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi penetapan harga material bangunan &
elektronik pada UD. Aulia Jaya perspektif ekonomi islam. Kedua, bagaimana penetapan harga
jual yang diterapkan UD. Aulia Jaya sehingga bisa bersaing dengan para kompetitornya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah pemilik,
karyawan, dan pelanggan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Penetapan harga pada UD. Aulia Jaya
menggunakan tiga metode yaitu: cost-plus pricing, mark-up pricing, dan perceived value fixing.
Kedua, Penetapan harga pada UD. Aulia Jaya ditinjau dari ekonomi islam sudah sesuai, akan
tetapi dalam praktek jual beli terjadi penipuan dalam waktu penyerahannya. Hal ini sangat
bertentangan dengan etika bisnis islam. Namun konsep harga yang adil dilakukan oleh pihak
UD. Aulia Jaya, dan akad yang yang dilakukan sesuai dengan syariat islam. Ketiga, Penetapan
harga jual yang diterapkan UD. Aulia Jaya agar mampu bersaing dengan para kompetitornya
dengan cara memberikan potongan harga kepada konsumen yang melakukan pembelian dalam
jumlah yang besar dan memberikan penghargaan kepada konsumen
Tidak tersedia versi lain