Text
Strategi Bisnis Multi Level Marketing Pada Produk PT. Mahkota Sukses Indonesia (MSI) Di Head Point Operasional Cabang Pamekasan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata kunci: strategibisnis,Multi Level Marketing, Ekonomi Islam.
Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk marketing atau pemasaran
yang berbentuk jaringan yang dilakukanmelalui banyak level (tingkatan), dan
sering disebut dengan istilah up line(tingkat atas) dan down line (tingkat bawah).
Bisnis MLM ini menerapkansistempemasaran modern melalui jaringan kerja
(network) distribusi yang berjenjang.Dalam perkembangannya, muncul penipuan
bisnis yang berkedok Multi Level Marketingsehingga membuat citra bisnis Multi
Level Marketingini sering menerima kritik dari masyarakat. Hal ini di sebabkan
sebagian besar orang yang berbisnis Multi Level Marketing tidak mengetahui
kriteria, dan syarat-syarat dari bisnis Multi Level Marketing secara keseluruhan,
baik apakah dalam bisnis ini mengandung unsur yang di larang atau tidak.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana Strategi Bisnis Multi Level
Marketing (MLM) Produk PT. Mahkota Sukses Indonesia (MSI) Di Head Point
Operasional Cabang Pamekasan dan kedua bagaimana Strategi Bisnis Multi Level
Marketing (MLM) Produk PT. Mahkota Sukses Indonesia (MSI) Di Head Point
OperasionalCabang Pamekasan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriktif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan
pada penilitan ini adalah pemilik atau kepala Head Point Operasional (HPO),
karyawan dan member MSI HPO Cabang pamekasan. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,strategi bisnis yang
digunakan di Head Point Operasional Cabang Pamekasan menggunakan sistem
sistem Multi Level Marketing (MLM), yaitu sistem jaringan yang berjenjang.
Sistem jaringan yang berjenjang dilakukan dengan cara promosi di berbagai social
media seperti facebook, whatshaap, instagram dan tik-tok. Kedua, strategi bisnis
MLM pada produk MSI di Head Point Operasional Cabang Pamekasan dalam
Perspektif Ekonomi Islam di lihat dari aspek pemasarannyasudah memenuhi
karena memenuhi syarat–syarat, yang terdiri dari produk msi yang di pasarkan
berkualitas, berlebel halal, tayyib dan terhindar dari syubhat; sistem akadnya
harus memenuhi kaidah rukun jual beli; formula intensif harus adil, tidak
mendzalimi dan berorientasi kemaslahatan/falah. tidak ada excessive mark up
harga barang; tidak menitik beratkan barang–barang tertierketika umat bergelut
dengan pemenuhan kebutuhan primer dan Multi Level Marketingtidak
menggunakan sistem piramida yang merugikan orang yang paling belakangan
masuk sebagai member
Tidak tersedia versi lain