Text
Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Di KSPPS Nuri Jatim Kantor Cabang Palduding Pamekasan
Kata Kunci: Layanan M-Banking, Kepuasan Nasabah
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju di
berbagai belahan dunia membawa perubahan besar terhadap sektor kehidupan
manusia salah satunya yaitu M-Banking. M-Banking merupakan suatu layanan
yang menyediakan berbagai macam fitur sesuai dengan kebutuhan nasabah seperti
transfer sesama dan antar bank, cek saldo, bayar tagihan listrik, pembelian pulsa
dll. Dengan adanya layanan ini diharapkan banyak masyarakat yang
memanfaatkan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan m-banking tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Layanan M-Banking
Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah Di KSPPS Nuri Jatim Kantor Cabang
Palduding Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Adapun cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling
dengan metode pemilihan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan 93 responden dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data
menggunakan uji F (simultan) dan uji T (parsial).
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t untuk variabel kecepatan yaitu
tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung -2,174 <
ttabel 1,987 dan taraf signifikan 0,032 < 0,05. Untuk variabel keamanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diperoleh nilai thitung 2,235 >
ttabel 1,987 dengan taraf signifikan 0,028 < 0,05. Untuk variabel keakuratan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diperoleh nilai thitung 2,872 >
ttabel 1,987 dengan taraf signifikan 0,005 < 0,05. Dan untuk variabel kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diperoleh thitung 2,103 > ttabel
1,987 dengan taraf signifikan 0,038 < 0,05 serta pengujian hipotesis dengan uji F
menunjukkan bahwa kecepatan, keamanan, keakuratan dan kepercayaan secara
serentak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan fhitung 7,127 >
ftabel 2,47 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain