Text
Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Di Bmt Nu Cabang Kadur
Kata Kunci :Atribut Produk, Loyalitas Nasabah, Aplikasi Mobile
Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi yang pesat telah
mempengaruhi industri perbankan.Seperti halnya dengan adanya aplikasi mobile
banking yang merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi tersebut. Saat
ini sudah banyak bank yang telah menyediakan akses mobile untuk mengetahui
informasi keuangan. Loyalitas nasabah merupakan ukuran kedekatan nasabah
pada perusahaan termasuk kemungkinan memperbaharui kontrak mereka dimasa
yang akan datang.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Apakah ada Pengaruh Signifikan Atribut
Produk Terhadap Loyalitas Nasabah BMT NU Cab. Kadur?.Kedua, Seberapa
Pengaruh Signifikan Atribut Produk Terhadap Loyalitas Nasabah BMT NU Cab.
Kadur?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah anggota BMT Nu Cab. Kadur yang menggunakaan aplikasi
Mobile BMT Nu dan diambil sampel yang berjumlah 31 nasabah responden
dengan menggunakan simple random samlping. Teknik analisa penelitian ini
menggunakan Analisis Regresi Sederhana. Hasil dalam pengelolahan data diperoleh hasil: Pertama Atribut
Produkmempunyai pengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dengan
memperoleh hasil thitung yang diperoleh sebesar 76,526 sedangkan ttabel 0,68276.
Di penelitian ini juga terlihat bahwa p-value hasil dari uji-t dari variabel Atribut
Produk ini sebesar 0,000. Hasil itu lebih kecil dari tingkat signifikan α = 5%.
Kedua, Hasil analisis data dapat diketahui bahwa besarnya R Square adalah 0,995
atau 99,5% yang berarti bahwa variabel independen (Atribut Produk) mampu
menjelaskan variabel dependen (Loyalitas Nasabah) sebesar 99,5%. Sedangkan
sisanya (100% - 99,5% = 0,5%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang
tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini
Tidak tersedia versi lain