Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap kepuasan Nasabah BPRS SPM Pamekasan (Studi Kasus Nasabah di Kantor Kas Bandaran)
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahan dan Kepuasan Nasabah
Lembaga Keuangan Syariah seperti Koperasi Simpan Pinjam dan dan
Pembiayaan Syariah kini mulai menarik perhatian, dikarenakan KSPPS ini lebih
merakyat dan mampu menjangkau transaksi keuangan syariah lingkup mikro
didaerah yang tidak bisa dilayani oleh bank umum maupun bank umum yang
membuka unit syariah. Tingkat kualitas pelayanan dan citra perusahaan saling
berkaitan terhadap keluhan nasabah, dapat diartikan jika pelayanan jasa
membosankan, petugas bank tidak dapat memjawab pelayanan sederhana dengan
cepat dan tepat, atau nasabah menunggu terlalu lama, maka nasabah berpikir dua
kali untuk melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut. Sedangkan apabila citra
perusahaan semakin baik maka semakin tinggi tingkat kepuasan nasabah dan
sebaliknya apa bila citra perusahaan semakin buruk maka semakin rendah pula
tingkat kepuasan nasabah. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan
penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah BPRS SPM
Pamekasan (studi kasus nasabah di kantor kas bandaran kec. tlanakan kab.
pamekasan).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
yang dilakukan menggunakan hubungan kausal yang bersifat sebab akibat dengan
menggunakan analisis regresi ganda (multiple regresion test). Berdasarkan cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling
yaitu tidak semua anggota populasi dalam posisi yang sama memiliki peluang untuk
dipilih menjadi sampel, metode pemilihan sampel yang digunakan adalah
Accidental Sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, yaitu konsumen yang secara kebetulan/insedental bertemu dengan
peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan
ditemui itu cocok sebagai sumber data.
Variabel Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan
Nasabah BPRS SPM Pamekasan dibuktikan dengan hasil uji menunjukkan bahwa
nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai thitung 2,497 > ttabel 1,960, yang artinya bahwa
H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel Citra Perusahaan berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Nasabah BPRS SPM Pamekasan dibuktikan dengan hasil uji
tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,029 < 0,05 dan nilai thitung 2,227 >
ttabel 1,960, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Variabel Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan secara bersama-sama
berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah BPRS SPM Pamekasan dengan hasil
pengujian simultan (uji F) diperoleh nilai diperoleh nilai Fhitung sebesar 3,892 dengan
tingkat signifikan sebesar 0,022 dan nilai Ftabel sebesar 3,00. Maka Nilai Fhitung yang
lebih besar dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,022 yang berada dibawah a =
0,05.
Pengaruh kepuasan nasabah tercermin dari kualitas pelayanan dan citra
perusahaan yang diberikan, faktor yang mempengaruhi persepsi dan harapan
nasabah ketika kebutuhan dan keinginan yang dirasakan oleh nasabah tersebut
sesuai dengan harapan para nasabah. Manfaat yang akan datang, dapat digunakan
sebagai bahan referensi dalam mengkaji masalah yang berkaitan dengan pengaruh
kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah
Tidak tersedia versi lain