Text
Pengaruh Layanan Jemput Bola terhadap Kepuasan Anggota Produk Tabungan Mudharabah di BMT Nuansa Umat Cabang Saronggi
Kata Kunci: Layanan Jemput Bola, Kepuasan Anggota
Koperasi di Indonesia memiliki peran dalam pemberdayaan Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah (UMKM) yang berpengaruh pada peningkatan perekonomian
rakyat, menciptakan kesempatan kerja, dan mendukung pembangunan ekonomi
daeran dan nasional. Lembaga keuangan yang berbadan hukum koperasi yang
bertujuan untuk pemberdayaan usaha kecil mikro adalah BMT karena lebih dari
80% pengusaha di Indonesia adalah usaha mikro (kecil bawah) yang memiliki
permasalahan permodalan, sementara Bank memiliki biaya mahal yang sulit
dijangkau oleh pengusaha mikro. Semakin meningkatnya jumlah penduduk
Indonesia yang menjadi pengusaha mikro, menyebabkan semakin ketatnya
persaingan BMT mendapatkan anggota untuk bergabung. Dalam rangka
meningkatkan keunggulan bersaing, maka hal yang perlu dilakukan adalah
memuaskan anggota dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada anggota
yang dapat diwujudkan melalui layanan jemput bola yang diberikan untuk
mempermudah anggota dalam bertransaksi. Penelitian ini dibuat dalam rangka
untuk mengetahui pengaruh layanan jemput bola yang dikaji dalam bauran variabel
keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan
anggota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah anggota produk tabungan
mudharabah di BMT Nuansa Umat Cabang Saronggi yang berjumlah 3.657 anggota
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
tingkat eror 10% yang menghasilkan 97 anggota sebagai responden dalam
penelitian ini. Instrumen yang digunakan dengan penyebaran kuesioner kepada
responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda
dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel
keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara simultan
berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai Fhitung 45,689 lebih besar dari
Ftabel 2,29 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji
T menunjukkan bahwa secara parsial, variabel keandalan (2,461), empati (5,639),
dan bukti fisik (3,439) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
anggota dengan Thitung lebih besar dari Ttabel 1,980. Sedangkan variabel daya
tanggap dan jaminan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
anggota dengan Thitung lebih kecil dari Ttabel 1,980
Tidak tersedia versi lain