Text
Pengaruh Direct Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Produk Pembiayaan Lasisma Di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Direct Marketing, Personal Selling, Keputusan Anggota.
BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan merupakan suatu lembaga
keuangan yang produknya banyak diminati masyarakat, baik itu produk tabungan
maupun produk pembiayaan. Salah satu produk pembiayaan yang banyak diminati adalah
produk pembiayaan Lasisma yang merupakan layanan berbasis jamaah. Permasalahan
dalam penelitian ini yaitu karena pembiayaan Lasisma ini tidak hanya ada di BMT NU
Jawa Timur Cabang Tlanakan, akan tetapi banyak di BMT NU lainnya atau lembaga
keuangan lainnya yang juga menyediakan produk yang sama. Dalam hal ini BMT NU
Jawa Timur Cabang Tlanakan menggunakan strategi pemasaran yang baik agar dapat
bersaing di pasaran. Strategi yang digunakan adalah direct marketing dan personal selling
untuk menarik minat anggotanya. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah penulis ingin
mengetahui adakah pengaruh direct marketing dan personal selling terhadap keputusan
anggota secara parsial maupun secara simultan dalam memilih produk pembiayaan
Lasisma di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan
analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota
pembiayaan Lasisma di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yang
berjumlah 500 orang anggota. Sedangkan untuk penentuan sampel peneliti menggunakan
rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 83 orang anggota pembiayaan
Lasisma. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probability
Sampling dengan metode pemilihan sampel yaitu purposive sampling. Sedangkan teknik
analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel direct marketing diperoleh
thitung sebesar 3,435 > ttabel 1,99006 yang berarti direct marketing berpengaruh terhadap
keputusan anggota dalam memilih produk pembiayaan Lasisma di BMT NU Jawa Timur
Cabang Tlanakan Pamekasan. Untuk variabel personal selling diperoleh thitung sebesar -
0,744 < ttabel 1,99006 yang berarti personal selling tidak berpengaruh terhadap keputusan
anggota dalam memilih produk pembiayaan Lasisma di BMT NU Jawa Timur Cabang
Tlanakan Pamekasan. Sedangkan untuk hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar
7,852 > Ftabel 3,11 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersamasama antara direct
marketing dan personal selling terhadap keputusan anggota dalam memilih produk
pembiayaan Lasisma di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain