Text
Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Pada PT. Telkom Indonesia
Kata Kunci: Economic Value Added, Market Value Added, Price Earning Ratio, dan
Return Saham
Investasi dilakukan oleh investor bertujuan untuk mendapatkan keuntungan
atas dana yang diinvestasikan. Return saham merupakan tingkat pengembalian dana
atas penanaman modal yang dilakukan yang biasanya berupa capital gain atau capital
loss. Penelitian ini menggunakan Economic Value Added, Market Value Added, Price
Earning Ratio. Beberapa rumusan masalah penelitian ini diantaranya, pertama
Apakah ada pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, dan Price
Earning Ratio terhadap return saham pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Kedua,
Apakah ada pengaruh Economic Value Added terhadap return saham pada PT.
Telkom Indonesia Tbk. Ketiga, Apakah ada pengaruh Market Value Added terhadap
return saham pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Keempat, Apakah ada pengaruh Price
Earning Ratio terhadap return saham pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Pada hasil uji
asumsi klasik berdasarkan output SPSS 24 terdapat hasil yang kurang maksimal pada
uji asumsi klasik dikarenakan terdapat gejala autokorelasi dan heterokedastisitas,
sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan transfomasi data menggunakan
metode Cochrane Orcutt kemudian melakukan uji asumsi klasik ulang, dan hasilnya
semua uji asumsi klasiknya dapat terpenuhi dan uji hipotesis bisa dilakukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Asosiatif. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan PT. Telkom
Indonesia Tbk Periode 2009-2020 sebanyak 48 laporan keuangan yang diolah
menggunakan SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Economic Value Added, Market
Value Added, dan Price Earning Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return
saham pada PT. Telkom Indonesia, dikarenakan nilai fhitung < ftabel yaitu sebesar 0,476
< 2,82 dengan nilai siginfikansi sebesar 0,651 > 0,05. 2) Economic Value Added tidak
berpengaruh signifikan terhadap return saham pada PT. Telkom Indonesia,
dikarenakan nilai thitung < ttabel sebesar -0,014 < 2,014 dengan nilai siginfikansi sebesar
0,989 > 0,05. 3) Market Value Added tidak berpengaruh signifikan terhadap return
saham pada PT. Telkom Indonesia, dikarenakan nilai thitung < ttabel sebesar 1,129 <
2,014 dengan nilai siginfikansi sebesar 0,265 > 0,05. 4) Price Earning Ratio tidak
berpengaruh signifikan terhadap return saham pada PT. Telkom Indonesia
dikarenakan nilai thitung < ttabel sebesar -0,798 < 2,014 dengan nilai siginfikansi sebesar
0,429 > 0,05
Tidak tersedia versi lain