Text
Pengaruh Service Excellence dan Corporate Image Terhadap Customer Satisfaction di BPRS. Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Service Excellence, Corporate Image,Customer Satisfaction
Di Indonesia lembaga perbankan syariah terus berkembang, mulai dari perkotaan hingga
pedesaan, baik bank pemerintah yang berskala besar maupun bank swasta yang berskala kecil.
Menghadapi masyarakat yang semakin kritis seperti sekarang, selain produk, pelayanan yang
diberikan juga mempengaruhi keberlangsungan perusahaan. Hal tersebut menuntut lembaga
perbankan syariah untuk semakin baik dalam memberikan pelayanan atau service excellence.
Apabila pelayanan bagus maka citra perusahaannya atau corporate image juga bagus sehingga
menarik minata masyarakat serta masyarakat akan merasa puas bertransaksi di bank syariah
tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Service Excellence dan Corporate
Image berpengaruh terhadap Customer Satisfaction di BPRS. Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan analisis regresi berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan non probability sampling dengan metode pemilihan sampel yaitu purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan menyebarkan kuesioner. Analisis
data menggunakan uji F (simultan) dan uji T (parsial).
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t untuk variabel Service Excellence yaitu memiliki
pengaruh terhadap Customer Satisfaction dengan nilai thitung 2,489 < ttabel 1,98447 dan taraf
signifikan 0,015 < 0,05 dan untuk variabel Corporate Image tidak berpengaruh signifikan
terhadap Customer Satisfaction diperoleh nilai thitung -2,641 > ttabel 1,98447 dengan taraf
signifikan 0,10 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa Service
Excellence dan Corporate Image berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan fhitung
8,473 > ftabel 3,94 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil analisis Koefisien determinasi terlihat
bahwa besarnya R2
adalah 0,149% atau 14,9% dapat dikatakan lemah karena masih terdapat
85,1% variabel lain yang mempengaruhi
Tidak tersedia versi lain