Text
Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Dividen Per Share terhadap Return Saham dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2020
Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Dividen Per Share
(DPS), Return Saham, dan Nilai Perusahaan.
Keputusan penting yang dihadapi seorang investor dalam memutuskan untuk
menempatkan modal pada perusahaan adalah memilih perusahaan yang tepat. Investor
tertarik pada perusahaan yang memberikan return relatif besar, Karena tujuan investor
menanamkan modalnya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar dimasa yang
akan datang. Penelititan ini menggunakan analisis rasio pasar Earning Per Share, Price
Earning Ratio, Dividen Per Share serta Nilai Perusahaan. Beberapa rumusan masalah
pada penelitian ini diantaranya: pertama, bagaimana pengaaruh Earning per Share, Price
Earning Ratio, Dividen Per Share dan Nilai Perusahaan terhadap Return Saham pada
Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI, Kedua, bagaimana
pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Dividen Per Share terhadap Nilai
Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI, ketiga,
bagaimana pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Dividen Per Share
terhadap Return Saham dengan Nilai Perusahaan sebagai variabel intervening pada
perusahaa sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan perusahaan sub
sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2011-2020 sebanyak 40 laporan
keuangan dengan data historis harga saham harian yang diolah menggunakan SPSS 24
dan dianalisis menggunakan metode Path Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam persamaan regresi linear pertama
diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,634, hal ini berarti sebesar 63,4% Return
Saham dapat dijelaskan oleh EPS, PER, DPS, dan Nilai Perusahaan. Adapun persamaan
pada regresi linear kedua diketahui bahwa koefisien determinasinya sebesar 0,456, hal ini
berarti sebesar 45,6% Nilai Perusahaan dapat dijelaskan oleh EPS, PER, dan DPS. Hasil
uji t pada persamaan regresi pertama menunjukkan bahwa EPS, PER, dan DPS, tidak
berpengaruh terhadap return saham, dan Nilai Perusahaan berpengaruh terhadap Return
Saham. sedangkan pada persamaan regresi kedua hasil uji t menunjukkan bahwa EPS dan
DPS berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dan PER tidak berpengaruh terhadap Nilai
Perusahaan. Pada path analysis dapat disimpulkan bahwa Nilai Perusahaan tidak dapat
berfungsi sebagai variabel intervening pengaruh EPS dan Return Saham dan DPS
pengaruh Return Saham, namun sebaliknya Nilai Perusahaan dapat berfungsi sebagai
variabel intervening pengaruh PER terhadap Return Saham.
Tidak tersedia versi lain