Text
Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Sidik Fathonah di BMT Nuansa Ummat Cabang Sampang Kota
Kata Kunci: Strategi Promotion Mix, Tabungan Sidik Fathonah
BMT NU Cabang Sampang Kota merupakan lembaga keuangan non bank
yang bergerak dalam bidang memberikan jasa simpanan kepada masyarakat.
Salah satunya adalah produk tabungan pendidikan (Sidik Fathonah). Tabungan ini
tabungan pendidikan yang dikhususkan siswa atau orang tua siswa untuk
meringankan beban biaya sekolah, maka dalam memasarkan produk diperlukan
penerapan strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk
Tabungan Sidik Fathonah di BMT Nuansa Ummat Cabang Sampang Kota. Maka
berdasarkan yang menjadi fokus penelitian yang dikaji adalah sebagai berikut:
pertama, Bagaimana Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah Produk Tabungan Sidih Fathonah di BMT Nuansa Ummat Cabang
Sampang Kota. Kedua, Apakah hambatan dalam penerapan Strategi Promotion
Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Sidih Fathonah di
BMT Nuansa Ummat Cabang Sampang Kota.
Metode yang digunakan untuk penelitian adalah dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik
pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasik penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Promotion Mix dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Sidik Fathonah di BMT Nuansa
Ummat Cabang Sampang Kota yang digunakan hanya tiga komponen, pertama,
priklanan, yaitu media cetak berupa penyebara brosur secara langsung dan sosial
media (whatsaap, facebook, you tobe, dan website), kedua, Personal selling
mempromosikan langsung dengan calon anggota ke rumah-rumah, pasar, yayasan,
sekolah, dan lain-lain, ketiga, public relation (hubungan masyarakat),
mengadakan pengajian yang bernuansa ilami, atau ada acara-acara. Hambatanhambatan dalam penerapan Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah Produk Tabungan Sidih Fathonah di BMT Nuansa Ummat Cabang
Sampang Kota, yaitu ada dua hambatan, pertama, hambatan internal ada dua
hambatan yaitu hambatan pertama keterbatasan brosur yang disebarkan ke
masyarakat, kedua kurangnya SDM (sumber daya manusia) yang bertugas
mempromosikan. Kedua, Hambatan eksternal ada tiga yaitu kurangnya
pemahaman masyarakat tentang produk-produk yang ada di BMT, kurangnya
kepercayaan masyarakat untuk menabung di BMT, dan sulit memahami
perbedaan karakter dari masyarakat
Tidak tersedia versi lain