Text
Aanalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Opini Going Cconcern (OGC) Pada Perusahaan Sektor Material yang Terdaftar di ISSI Periode 2012-2020
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Pertumbuhan
Opini going concern pada umunya sangat berguna bagi para laporan keuangan,
terutama bagi para calon investor untuk membuat keputusan untuk berinvestasi. Seorang
auditor memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengeluarkan opini going concern
yang konsisten dan sesuai dengan keadaan yang sengguhnya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menguji ukuran perusahaan terhadap opini going concern, opini audit tahun
sebelumnya terhadap opini going concern, pertumbuhan perusahaan terhadap opini going
concern, menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, opini audit tahun
sebelumnya, dan pertumbuhan perusahaan terhadap opini going concern yang terdaftar di
Indeks Saham Syariah (ISSI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakaan
adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 9 perusahaan dengan 81 unit sampel.
Variabel independen penelitian ini adalah ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya,
dan pertumbuhan perusahaan, sedangkan variabel dependennya adalah opini going concern.
Hasil penelitian bahwa:a) variabel ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya,
dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap opini going concern
dengan signifikansi 0,047 < 0,05 dan chi squaare dihitung sebesar 74,667 < Chi Square tabel
sebesar 87,101807; b) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap opini going
concern dengan nilai signifikansi 0,023 0,05; d) Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap opini going
concern dengan nilai signifikansi 0,975 > 0,05; e) tidak ada variabel yang berpengaruh
kecuali ukuran peruahaan. Berdasarkan hasil analisis koefisien literminasi terlihat bahwa
besarnya Nagelkerke R Square adalah 0,79%. Artinya 0,97% variabel opini going concern
dijelaskan oleh variabel independen ukuran perusaahaan, opini audit tahun sebelumnya, dan
pertumbuhan perusahaan. Sedangkan sisanya yaitu 21% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain
yang tidak disertakan dalam penelitian ini, seperti total hutang, current ratio, kondisi
keuangan, kualitas audit, laverage, probitalitas dan lain sebagainya
Tidak tersedia versi lain