Text
Pengaruh Kualitas Layanan E-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhaki Sumekar Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Layanan E-Banking, Kepuasan Nasabah
Layanan E-Banking merupakan salah satu fasilitas yang ada diperbankan,
dengan adanya layanan e-banking yang berbasis elektronik tentu hal ini menjadi salah
satu jalan alternatif untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi perbankan
kapanpun dan dimanapun tanpa harus pergi ke kantor dan mengantri. Dengan bank
menciptakan fasilitas layanan e-banking ini tentu tujuannya untuk mendapatkan
kepuasan nasabah yang nanti akan membuat nasabah menjadi loyal terhadap bank
tersebut. Salah satu perbankan yang sudah menciptakan layanan e- banking adalah
BPRS bHakti Sumekar Pamekasan,
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Efisiensi,
pemenuhan janji (fulfillment), kesediaan sistem beroperasi (sistem availability), privasi
(privacy), dan jamninan/kepercayaan (assurance/trust) yang terdapat pada Layanan EBanking terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Poulasi sebanyak 326
nasabah dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling yang
menghasilkan 76 nasabah sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah anlisis regresi linier
berganda dengan menggunkan bantuan aplikasi SPSS versi 24.
Berdasarkan anslisis regresi diperoleh persamaan Y = 0,578 + 0,584 X1 +
0,165 X2 - 0,085 X3 + 0,380 X4 + 0,045 X5 dengan koefisien determinasi 95,3% yang
berarti bahwa Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel Layanan EBanking Efisiensi, pemenuhan janji (fulfillment), kesediaan sistem beroperasi (sistem
availability), privasi (privacy), dan jamninan/kepercayaan (assurance/trust).
Sedangkan sisanya (100% - 95,3% = 4,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Variabel Efisiensi, pemenuhan janji (fulfillment),
kesediaan sistem beroperasi (sistem availability), privasi (privacy), dan
jamninan/kepercayaan (assurance/trust) pada Layanan E- Banking secara simultan
berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan dengan
hasil uji F Fhitung sebesar 304,172 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 dan Ftabel
sebesar 2,36. Maka nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,000
yang berada dibawah a = 0,05. Sedangkan untuk hasil uji parsial, tiga buah variabel
menunjukkan hasil yang signifikan yaitu Effisiensi (X1) dengan thitung 8,526 > ttabel
1,666, Pemenuhan Janji (Fulfillment) (X2) dengan thitung 2,640, dan Privasi (Privacy)
(X4) dengan thitung 4,982. Sedangkan variabel Ketersediaan Sistem (System
Availability) (X3) dengan thitung – 1,116 dan jaminan/kepercayaan (assurance/trust)
(X5) dengan thitung 0,919 yang berarti tidak berpengaruh siginifikan.
Tidak tersedia versi lain