Text
, Penerapan Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Baitul Maal wa Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) cabang Kadur
Kata Kunci: Penerapan, Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan.
Penelitian mengenai penerapan Relationship Marketing dalam
mempertahankan loualitas pelanggan merupakan strategi yang cukup menarik
pelanggan, dimana merupakan suatu strategi yang melibatkan antara kedua belah
pihak yaitu BMT dengan pelanggan, jika pelanggan puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh BMT maka akan mendukung keberhasilan dan keberlangsungan
BMT NU cabang Kadur itu sendiri. Dalam mengupayakan untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan maka harus menciptakan hubungan yang
harmonis atau baik terhadap pelanggan. Berdasarkan konteks di atas yang menjadi
fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan Relationship Marketing
dalam mempertahankan Loyalitas pelanggan di BMT NU cabang Kadur, (2)
Bagaimana peran Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan di BMT NU cabang Kadur, (3) faktor apa yang menjadi pendukung
dan penghambat Relationship Marketing dalam mempertahankan pelanggan di
BMT NU cabang Kadur.
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif analisis dengan cara mendeskriptifkan data. Sedangkan
teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan penerapan Relationship
Marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di BMT NU cabang Kadur
dapat dilihat melalui menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan
memberikan pelayanan yang baik serta menjaga komunikasi yang baik dengan
pelanggan terutama bisa dimulai dengan menjalin komukasi yang baik dengan
anggota terlebih dahulu dan memasarkan dengan pola yang berbasis syariah.
Selain dari itu peran Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan di BMT NU cabang Kadur yaitu dengan cara meningkatkan loyalitas,
meningkatkan jumlah anggota. Adapun faktor yang dapat mendorong pelaksanaan
Relationship Marketing yaitu dengan adanya data base, promosi yang dilakukan
oleh BMT NU cabang Kadur dengan melalui media cetak dan juga sebagainya,
serta melalui perkembangan teknologi yang semakin canggih. sedangkan berbeda
dengan faktor yang dapat menghambat pelaksanaan dari Relationship Marketing
dalam mempertahankan loyalitas pelanggan yaitu berupa dengan adanya kondisi
ekonomi yang mayoritas menengah ke bawah dan juga dengan adanya pesaing
bagi BMT NU cabang Kadur.
Tidak tersedia versi lain