Text
Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Memilih Produk Tabah di KSPPS Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Ummat Kantor Cabang Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Produk, Personal Selling, Keputusan Anggota
Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis lembaga keuangan syariah
membuat BMT NU harus benar-benar mengetahui strategi yang tepat untuk
memenangkan persaingan, salah satu strategi yang mempengaruhi persaingan dunia
bisnis adalah kualitas produk dan strategi promosi yang digunakan. Kulitas produk
merupakan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang dinyatakan atau
dimplikasikan. Strategi promosi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
personal selling yaitu kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung
dengan para calon anggotanya. Berdasarkan penyataan tersebut, maka
permasalahan yang pertama: pengaruh kualitas produk dan personal selling
terhadap keputusan anggota memilih produk tabah di KSPPS Baitul Mal Wa
Tamwil Nuansa Ummat Cabang Pakong Pamekasan., kedua: seberapa besar
pengaruh kualitas produk dan personal selling terhadap keputusan anggota memilih
produk tabah di KSPPS Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Ummat Cabang Pakong
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini didapat dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling
yaitu metode penetapan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan pada
kriteria-kriteria tertentu. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang
disebarkan pada anggota produk Tabah dengan jumlah sampel sebnayak 86
responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kualitas produk
dan personal selling berpengaruh terhadap keputusan anggota memilih produk
tabah di KSPPS Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Ummat Cabang Pakong
Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan anggota dengan besar nilai thitung 11.422
lebih besar dari ttabel 1,66 dengan taraf signifikan 0,000 kurang dari 0,05. Variabel
personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota
dengan besar nilai thitung 2.967 lebih besar dari ttabel 1,66 dengan taraf signifikan
0,004 kurang dari 0,05. Kualitas produk dan personal selling secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan anggota dengan nilai Fhitung 114.443 lebih besar
dari Ftabel 3,11 dengan taraf signifikan 0,000 kurang dari 0,05.
Tidak tersedia versi lain