Text
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan
Kata Kunci: Marketing Mix, Tabungan, dan Keputusan Nasabah.
Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan
yang ketat sehingga menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan
dan keinginan nasabah. Pemenuhan kebutuhan nasabah tersebut membutuhkan
sebuah strategi pemasaran yang biasa disebut dengan istilah marketing mix
dimana hal ini juga telah diterapkan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas
Bandaran Pamekasan pada produk Tabungan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah menabung di
BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan di BPRS
Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan yang berjumlah 200
nasabah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin
sehingga diperoleh sampel sebanyak 133 orang nasabah. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji simultan
(uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 23,584 > nilai Ftabel 2,084 dan taraf signifikan
0,000 < 0,05. Maka, variabel Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion
(X4), People (X5), Physical evidence (X6) dan Process (X7) secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (Y) menabung di BPRS
Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan. 2) Secara parsial
variabel Product berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan taraf
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) Secara parsial variabel Price tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan taraf signifikansi
sebesar 0,150 > 0,05. 4) Secara parsial variabel Place berpengaruh signifikan
terhadap keputusan nasabah dengan taraf signifikansi sebesar 0,041 < 0,05. 5)
Secara parsial variabel Promotion tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah dengan taraf signifikansi sebesar 0,728 > 0,05. 6) Secara
parsial variabel People mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah dengan taraf signifikansi sebesar 0,025 < 0,05. 7) Secara
parsial variabel Physical evidence tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah dengan taraf signifikansi sebesar 0,900 > 0,05. 8) Secara
parsial variabel Process tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
dengan taraf signifikansi sebesar 0,381 > 0,05.
Tidak tersedia versi lain