Text
IMPLEMENTASI MARKETING FIX PADA PEMBIAYAAN RAHN/GADAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) NUANSA UMMAT (NU) CAMPLONG SAMPANG
Kata Kunci: Marketing Mix, Rahn/Gadai, BMT
Marketing mix merupakan serangkaian aktivitas terkendali yang digunakan
oleh sebuah perusahaan untuk merespon keinginan pasar sasaran, yang mana
didalamnya terdapat komponen dari elemen-elemen untuk membentuk suatu
strategi campuran pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada BMT NU Camplong
Sampang yang mengalami penurunan jumlah anggota.Dalam hal ini, BMT NU
Camplong Sampang menggunakan strategi marketing mix guna meningkatkan
jumlah anggota. Selain itu digunakan untuk mengetahui faktor penghambat dan
pendukung pada pembiayaan rahn/gadai.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Marketing
Mix Pada Pembiayaan Rahn/Gadai untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di
KSPPS BMTNUCamplong Sampang; kedua, Faktor apa saja yang menjadi
penghambat pada Pembiayaan Rahn/Gadai dari Implementasi Marketing Mix
untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPSBMTNU Camplong Sampang;
ketiga, Faktor apa saja yang menjadi pendukung pada Pembiayaan Rahn/Gadai
dari Implementasi Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS
BMT NU Camplong Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data primernya adalah kepala cabang, beberapa karyawan dan nasabah
sedangkan data sekundernya adalah rujukan-rujukan.
Hasil penelitian yang diperoleh pertama,penerapan marketing mix di
KSPPS BMT NU Cabang Camplong kabupaten Sampang,yang terdiri dari
product, price, place, promotion, people, process, physical avidance, promise,
patience. Kedua, faktor internal yang menjadi penghambat dalam pembiayaan
rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Desa Tambaan Kecamatan
Camplong Kabupaten Sampang adalah penurunan standar taksir logam (STL),
kurangnya pelatihan karyawan, dan tebang pilih calon anggota. Sementara faktor
eksternal, adanya pesaing (competitor), dan minat gadai calon anggota. Ketiga,
faktor pendukung pada pembiayaan rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang
Camplong Desa Tambaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang yaitu faktor
internal yaitu biaya jasa gadai, jangkauan lokasi BMT, pelayanan door to door dan
sistem jemput bola serta proses yang cepat. Faktor eksternal berupa faktor
ekonomi dan sumber pendanaan.
Tidak tersedia versi lain