PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MARKETING FIX PADA PEMBIAYAAN RAHN/GADAI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) NUANSA UMMAT (NU) CAMPLONG SAMPANG

USLIFATUL JANNAH - Nama Orang;

Kata Kunci: Marketing Mix, Rahn/Gadai, BMT
Marketing mix merupakan serangkaian aktivitas terkendali yang digunakan
oleh sebuah perusahaan untuk merespon keinginan pasar sasaran, yang mana
didalamnya terdapat komponen dari elemen-elemen untuk membentuk suatu
strategi campuran pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada BMT NU Camplong
Sampang yang mengalami penurunan jumlah anggota.Dalam hal ini, BMT NU
Camplong Sampang menggunakan strategi marketing mix guna meningkatkan
jumlah anggota. Selain itu digunakan untuk mengetahui faktor penghambat dan
pendukung pada pembiayaan rahn/gadai.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Marketing
Mix Pada Pembiayaan Rahn/Gadai untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di
KSPPS BMTNUCamplong Sampang; kedua, Faktor apa saja yang menjadi
penghambat pada Pembiayaan Rahn/Gadai dari Implementasi Marketing Mix
untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPSBMTNU Camplong Sampang;
ketiga, Faktor apa saja yang menjadi pendukung pada Pembiayaan Rahn/Gadai
dari Implementasi Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS
BMT NU Camplong Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data primernya adalah kepala cabang, beberapa karyawan dan nasabah
sedangkan data sekundernya adalah rujukan-rujukan.
Hasil penelitian yang diperoleh pertama,penerapan marketing mix di
KSPPS BMT NU Cabang Camplong kabupaten Sampang,yang terdiri dari
product, price, place, promotion, people, process, physical avidance, promise,
patience. Kedua, faktor internal yang menjadi penghambat dalam pembiayaan
rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Desa Tambaan Kecamatan
Camplong Kabupaten Sampang adalah penurunan standar taksir logam (STL),
kurangnya pelatihan karyawan, dan tebang pilih calon anggota. Sementara faktor
eksternal, adanya pesaing (competitor), dan minat gadai calon anggota. Ketiga,
faktor pendukung pada pembiayaan rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang
Camplong Desa Tambaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang yaitu faktor
internal yaitu biaya jasa gadai, jangkauan lokasi BMT, pelayanan door to door dan
sistem jemput bola serta proses yang cepat. Faktor eksternal berupa faktor
ekonomi dan sumber pendanaan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 312021029 USL I
312021029
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312021029 USL I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xii+105 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Promosi produk jasa keuangan
SKRIPSI PBS 2021
Info Detail Spesifik
029
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?