Text
PENGARUH PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH NURI JAWA TIMUR CABANG SE KABUPATEN PAMEKASAN
Kata Kunci: Pelatihan, Pendidikan, Kinerja Karyawan
Pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang, baik secara mikro maupun
secara makro. Begitu juga dengan pertumbuhan lembaga keuangan mikro syariah
(LKMS). Perkembangan ekonomi syari’ah di Indonesia boleh dikatakan mengalami
perkembangan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan banyak berdirinya lembaga
keuangan yang secara operasional menggunakan prinsip bagi hasil atau dikenal
dengan prinsip syari’ah. Terdapat beberapa Lembaga keuangan syariah yang ada di
Indonesia salah satunya adalah Koperasi syariah.
Koperasi syariah merupakan lembaga keuangan yang memiliki prinsip,
tujuan, dan kegiatan usaha yang berdasarkan prinsip syariah. Salah satu koperasi
syariah yang ada di Indonesia adalah Koperasi Simpan Pinjam Syariah Nuri (KSPPS)
jawa timur yang berada di pamekasan. Koperasi Simpan Pinjam (KSPPS) Nuri jawa
timur merupakan suatu lembaga keuangan dengan menggunakan prinsip-prinsip
syari’ah dengan sistem bagi hasil sesuai dengan hukum islam. KSPPS Nuri jawa
timur merupakan organisasi bisnis yang juga berperan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan dan pendidikan
berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan
Nuri Jawa Timur Cabang Se Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun
cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel Jenuh
merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dipilih sebagai
sampel. Penelitian ini menggunakan 70 responden dengan menyebarkan kuesioner.
Analisis data menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan)
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t untuk variabel pelatihan yaitu memiliki
pengaruh terhadap Kinerja karyawan dengan nilai thitung 3,598 > ttabel 1,994 dengan
taraf signifikan 0,001 < 0,05. Untuk variabel pendidikan berpengaruh signifikan
terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung 3,583 > ttabel 1,994 dengan taraf
signifikan 0,001 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji f menunjukkan bahwa
pelatihan dan pendidikan secara bersama-sama atau serentak berpengaruh signifikan
terhadap kinerja karyawan dengan fHitung Fhitung 77,458 > Ftabel 3,13 dan nilai
signifikan 0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain