Text
PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PENGETAHUAN RELIGIUS TERHADAP MINAT KONSUMSI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS DI KABUPATEN PAMEKASAN)
Kata Kunci:Pengetahuan Produk, Pengetahuan Religius dan Minat Konsumsi
Konsumsi diartikan sebagai penggunaan dan pemanfaatan barang dan jasa
untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Konsumsi
yang sesuai dengan syariat Islam memperhatikan kemaslahatan dunia dan akhirat.
Setiap orang memiliki kepentingan sendiri dalam memilih barang sehingga
memiliki minat yang berbeda-beda disetiap individu, sesuai apa yang
diinginkannya dan apa yang dibutuhkannnya. Minat Konsumsi dipengaruhi oleh
beberapa faktor yaitu Pengetahuan Produk dan Norma Religius.
Berdasarkan penjelasan tersebut, ada tiga rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu pertama, apakah Pengetahuan Produk memberikan pengaruh
terhadap Minat Konsumsi Produk Makanan Halal di Kabupaten Pamekasan?.
Kedua, apakah Norma Religius memberikan pengaruh terhadap Minat Konsumsi
Produk Makanan Halal di Kota Pamekasan? Ketiga, variabel manakah yang
paling berpengaruh terhadap Minat Konsumsi Produk Makanan Halal di Kota
Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen produk makanan
halal di Pamekasan. Data dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan
sakunder, data primer diperoleh dari penyebaran angket/kuesioner, sedangkan
data sekunder diperoleh dari jurnal dan website. Hasil pengujian analisis regresi
berganda dengan aplikasi SPSS 20. Uji F berpengaruh signifikan, nilai F hitung
sebesar 38,491 dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari α (0,05). Hasil uji t
Pengetahuan Produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat
konsumsi, nilai t hitung sebesar 2,861 dengan nilai sig 0,006 dan lebih kecil dari α
(0,05). Pengetahuan Produk secara parsial berpengaruh signifikan dan positif
terhadap Minat Konsumsi. Hasil uji Pengetahuan Religius berpengaruh signifikan
dan positif secara parsial terhadap Minat Konsumsi, nilai t hitung sebesar 4,693
dengan nilai sig 0,000 dan lebih kecil dari α (0,05). Norma Religius secara parsial
berpengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Konsumsi. Nilai Koefisien
determinan (R Square) dalam penelitian sebesar 0,535 menunjukkan bahwa model
regresi dalam penelitian ini Minat Konsumsi dipengaruhi oleh Pengetahuan
Produk danPengetahuan Religius sebesar 53,5% dan sisanya sebesar 46,5% di
pengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
seperti sikap konsumen.
Tidak tersedia versi lain