Text
ANALISIS HARGA DAN KUALITAS DALAM PEMBELIAN PRODUK MUSLIM FASHION DI EL-ZATTA PAMEKASAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Kata Kunci: Harga, Kualitas, Perspektif Ekonomi Islam.
El-Zatta Pamekasan merupakan salah satu brand hijab di Indonesia,
dimana El-Zatta ini sangat dikenal oleh masyarakat luas karena kualitasnya yang
baik serta harga yang sesuai dengan jangkauan masyarakat, selain dari itu di ElZatta ini juga memberikan kenyamanan dalam hal pelayanannya, yang dimana di
El-Zatta Pamekasan ini memiliki 7 orang karyawan.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama, peneliti
ingin mengetahui implementasi harga dan kualitas yang digunakan pada outlet ElZatta Pamekasan. Kedua, peneliti ingin mengetahui tentang implementasi harga
dan kualitas perspektif Ekonomi Islam yang digunakan pada Outlet El-Zatta
Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dekskriptif.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah manajer outlet, karyawan dan konsumen outlet
El-Zatta Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi harga dan
kualitas pada outlet El-zatta Pamekasan dilihat dari berbagai aspek, yang
prakteknya sudah sesuai dengan indikator-indikator kualitas dan harga yang ada,
yaitu salah satunya meliputi tentang kesesuaian harga dengan manfaat, kesesuaian
harga dengan kualitas, keterjangkauan harga dengan daya beli konsumen, daya
saing, tampilan, performance. Kedua, implementasi harga dan kualitas dalam
perspektif Ekonomi Islam, prakteknya sudah sesuai degan Ekonomi Islam,
meliputi dari berbagai aspek yang dalam prakteknya sudah sesuai dengan
Ekonomi Islam, meliputi dari aspek bebas riba, ketersediaan barang, barangnya
dapat diserah terimakan, tidak merugikan salah satu pihak, memberikan manfaat
terhadap orang yang menerima.
Tidak tersedia versi lain