Text
PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP REPUTASI USAHA DAGANG AL- MAGHFIRAH DI DESA LARANGAN BADUNG PAMEKASAN
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Islamic Corporate Social
Responsibility (ICSR), Reputasi Perusahaan
UD Al-maghfirah ini merupakan Usaha Dagang yang bergerak dibidang
perdagangan dan pendistribusian yang berlokasi di Desa Larangan Badung
Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. UD Al-maghfirah didirikan
tahun 1994 dan awal berjaya pada tahun 2005. UD Al-maghfirah meskipun
lokasinya berada di desa tetapi tidak kalah saing dengan Usaha-usaha Dagang
atau bahkan dengan Swalayan dan toko distributor yang ada di kota. Hal ini di
buktikan dengan konsumen yang berdatangan dan juga transaksi yang setiap
hari dihasilkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu
pertama, peneliti ingin mengetahui apakah Islamic Corporate Social
Responsibility (ICSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap
Reputasi Usaha Dagang Al-Maghfirah di Desa Larangan Badung. Kedua,
peneliti ingin mengetahu seberapa besar pengaruh Islamic Corporate Social
Responsibility (ICSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap
Reputasi Usaha Dagang Al-Maghfirah di Desa Larangan Badung.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh langsung dan
pengaruh tidak lansung variabel Islamic Corporate Social Responsibility
(ICSR) terhadap Reputasi Perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, dengan tekhnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana,
dan dengan bantuan alat analisis SPSS 20. Jenis data dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah
masyarakat di dusun Badung Tengah dan Sumber Papan II. Tekhnik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Cluster
random sampling. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus the finite
population correction (tipc) dengan jumlah responden sebanyak 77 responden.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji Signifikansi secara Individual (Uji t) diperoleh thitung sebesar
12,543 > ttabel 1,664 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa
Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Reputasi Perusahaan dengan perolehan persentase 67,7%
Sedangkan 32,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.
Tidak tersedia versi lain