Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MEMBELI BARANG ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN MADURA)
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Minat Beli.
Meningkatnya penetrasi internet di indonesia memunculkan pergeseran
teknologi pemasaran. Manfaat internet dieksplorasi sebagai media untuk
memenuhi kebutuhan. Salah satu efek dunia online semakin mengalami
perubahan yang sangat cepat terutama pada cara konsumen berbelanja, tidak lagi
hanya membeli di toko offline namun juga bisa membeli di toko online. Banyak
juga toko offline yang mempromosikan barangnya melalui toko online. Perubahan
perilaku supplier atau konsumen menjadi salah satu pendorong perubahan dalam
bidang strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bermaksud
untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi,
promosi, orang, proses) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap
minat mahasiswa IAIN Madura dalam membeli barang online
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswa IAIN Madura sebanyak 8402,
sedangkan sampelnya 382 dengan teknik penarikan sampel menggunakan
purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah data primer seperti
pengamatan lapangan, hasil pengisian kuesioner, dan data sekunder seperti bukubuku, artikel, jurnal. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil pengujian analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS 24 antara
lain: 1) Variabel produk nilai signifikan 0,203 > 0,05 dan nilai thitung 1,274 < ttabel
1,968 sehingga variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
membeli barang online, 2) Harga signifikan 0,154 > 0,05 dan nilai thitung 1,428 <
ttabel 1,968 sehingga variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
membeli barang online, 3) tempat nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung
3,781 > ttabel 1,968 sehingga variabel produk tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat membeli barang online, 4). promosi nilai signifikan 0,001 < 0,05
dan nilai thitung 3,237 > ttabel 1,968 sehingga variabel promosi berpengaruh
signifikan terhadap minat membeli barang online, 5) orang nilai signifikan 0,011
< 0,05 dan nilai thitung 2,570 > ttabel 1,968 sehingga variabel orang berpengaruh
signifikan terhadap minat membeli barang online , 6) proses nilai signifikan 0,000
< 0,05 dan nilai thitung 4,403 > ttabel 1,968 sehingga variabel proses berpengaruh
signifikan terhadap minat membeli barang online, 7) bauran pemasaran (produk,
harga, distribusi, promosi, orang, proses) berpengaruh signifikan terhadap minat
membeli barang online, nilainya sebesar 27,735 dengan sig 0,000 lebih kecil dari
α (0,05).
Tidak tersedia versi lain