Text
PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS NASABAH PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI
Kata Kunci :Customer Value, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Loyalitas nasabah merupakan hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan
penyedia barang dan jasa untuk kelangsungan dan peningkatan perusahaan. Loyalitas
nasabah didasari oleh nasabah yang merasakan suatu kepuasan setelah menggunakan
barang dan jasa yang di tawarkan oleh perusahaan. Customer value merupakan salah
satu dari factor lainnya yang membentuk kepuasan nasabah. Kepuasan yang nantinya
akan membuat nasabah menjadi loyal walaupun akan ada tawaran lain dari perusahaan
pesaing.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, apakah customer value berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri. Kedua, apakah ada pengaruh
customer value terhadap loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri. Ketiga,
apakah kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT.
BPRS Sarana Prima Mandiri. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian
lapangan) dengan model kausal yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah nasabah PT. BPRS Sarana Prima Mandiri yang berjumlah 9653
dan diambil sampel yang berjumlah 400 nasabah responden dengan menggunakan
accidental samlping. Teknik analisa penelitian ini menggunakan path analysis.
Hasil dalam pengelolahan data diperoleh hasil: Pertama, Customer Value
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan memperoleh
hasi thitung sebesar 21,615 lebih besar dari ttabel sebesar 2,2323 dengan (p-value hasil
sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikan α = 5%). Kedua, Kepuasan Nasabah
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil dari thitung
sebesar 21,425 yang lebih besar dari ttabelsebesar 2,2323 dengan (p-value sebesar 0,000
lebih kecil dari signifikan α = 5%). Ketiga, Customer Value memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan thitung11,582 lebih besar dari ttabel2,2323
dengan (p-value sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 5%)
Hasil penelitian ini mendapat hasil bahwa pengaruh langsungc ustomer value
terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,343. Sedangkan pengaruh tidak langsung
customer value terhadap loyalitas nasabah yang melalui kepuasan nasabah sebesar
0,217462. Dengan pengaruh total sebesar 0,217462. Dengan arti bahwa pengaruh
langsung customer value terhadap loyalitas nasabah lebih besar dibandingkan pengaruh
secara tidak langsung melalui kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain