Text
PENGARUH ANTAR JEMPUT TABUNGAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KSPPS. BMT NU JAWA TIMUR CABANG LARANGAN
Kata Kunci :Antar Jemput Tabungan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas
Nasabah
Lembaga keuangan merupakan suatu perusahaan yang usahanya bergerak
di bidang keuangan.Diera globalisasi ini persaingan di industri perbankan dan jasa
keuangan semakin intensif menuntut bank harus memahami kebutuhan dan
keinginan nasabahnya.Oleh karena itu, maka setiap perbankan syariah
memerlukan stategi pemasaran yang tepat untuk memperebutkan pangsa pasar di
Indonesia dan mempertahankan loyalitas nasabahnya.Loyalitas nasabah
merupakan tuntutan multak bagi bank untuk menjamin kelangsungan hidup dalam
usahanya tersebut, karena loyalitas nasabah merupakan puncak pencapaian bagi
pelaku bisnis bank.Kualitas pelayanan,kepuasan dan antar jemput tabungan
terhadap loyalitas nasabah adalah faktor penting untuk mendapatkan nasabah yang
loyal. Karena dengan kualitas pelayanan yang baik dapat menciptakan kepuasan
bagi nasabahnya, dan apabila suatu bank dapat menciptakan kepuasan bagi
nasabahnya maka bank tersebut akan mendapat keuntungan yang sangat banyak
salah satunya yaitu mendapat loyalitas nasabahnya. Begitu pula dengandengan
promosi memiliki peranan sangat penting untuk membangun komitmen dan
loyalitas nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Antar Jemput
Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah di BMT
NU Jawa Timur Cabang Larangan. Pengumpulan data penelitian di lakukan
dengan cara menyebarkan kuesioner kepada nasabah di BMT NU jawa timur
cabang larangan dengan populasi sebanyak 1936 dan hasil sampel yang diambil
sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
teknik sampel Purposive sampling dengan karakteristik: (1) nasabah aktif
menabung minimal 6 bulan.(2) nasabah sering menabung minimal 1 kali dalam
satu minggu. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat
bantu IMB SPSS statistic 25.Analisis ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji
asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji t, uji f dan r.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwaAntar Jemput Tabungan,
Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap Loyalitas Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan dengan
nilai F hitung> F tabel (13,792> 2,70). Variabel Antar Jemput Tabunganberpengaruh
signifikan terhadap Loyalitas Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan
dengan nilai t hitung>t tabel (3.264> 1,984).Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap Loyalitas Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang
Larangant hitung>t tabel (2.841> 1,984).Variabel kepuasan berpengaruh terhadap
Loyalitas Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Larangant hitung>t tabel (2.688>
1.984).
Tidak tersedia versi lain