Text
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH DI KSPPS. BMT NU JAWA TIMUR CAB. LARANGAN
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, dan Minat Nasabah
Pelayanan dan pemasaran merupakan esensi yang penting bagi
kelangsungan hidup suatu perusahaan serta untuk memperoleh keuntungan yang
maksimal atau bahkan untuk jangka waktu panjang. Untuk mencapai tujuan
tersebut BMT harus melakukan usaha agar produk dan jasanya laku terjual.
Promosi atau pemasaran merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan
produk atau jasa yang dihasilkan BMT. Kualitas pelayanan juga harus
diperhatikan demi loyalitas nasabah yang sudah ada dengan begitu masyarakat
akan tetap berminat untuk menjadi nasabah BMT.Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh pelyanan dan pemasaran terhadap minat nasabah di Bmt
Nu Cab Larangan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian Non probability sampling. Instrument penelitian menggunakan
kuesioner yang disebarkan pada nasabah dengan jumlah sampel sebanyak 332
responden di ambil dengan teknik Accidental Sampling. Data yang didapat di
analisis menggunakan metode regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
(X1) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah (Y). Hal ini terlihat dari nilai
thitung 2,048 lebih besar dari ttabel 1,98525 dan nilai signifikansi 0,04 kurangg dari
0,05. Strategi Pemasaran (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat
nasabah (Y). Hal ini terlihat dari nilai thitung 4,283 lebih besar dari ttabel 1,98525
dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Kualitas pelayanan (X1) dan
Strategi pemasaran (X2) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap
minat nasabah (Y) dengan nilai Fhitung 46,183 lebih besar dari Ftabel 3,09, dan nilai
signifikansi 0,000 kurang dari 0,05.
Tidak tersedia versi lain