Text
STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN IJARAH DI KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ijarah
KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan merupakan lembaga keuangan yang dalam kegiatan operasionalnya maupun produk bisnisnya dikembangkan dengan berlandaskan pada prinsip syariat Islam. Salah satu produknya yaitu pembiayaan Ijarah. Pembiayaan Ijarah adalah akad penyaluran dana untuk pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa (Ijarah), antara perusahaan pembiayaan sebagai pemberi sewa (mu’ajjir) dengan penyewa (musta’jir) tanpa diikuti pengalihan kepemilikan barang itu sendiri. Ijarah ini produk pinjaman khusus modal usaha dari pemerintah untuk sektor umkm. Hal utama yang mendasari perlu adanya strategi pemasaran yaitu karena meminimalisir terjadinya kesalahan ketika melakukan penawaran terhadap nasabah yang bersangkutan.
Dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi pemasaran pembiayaan Ijarah di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan; kedua, bagaimana efektifitas KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan dalam melakukan pemasaran pembiayaan Ijarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Direktur, Marketing Ijarah dan nasabah di KSPPS BTM Sang Surya pamekasan.
Penelitian ini menghasilkan temuan: Pertama, strategi pemasaran yang digunakan dalam pembiayaan ijarah ini adalah dengan cara mengunjungi atau silaturrahmi kepada masyarakat, adapun target pasar yaitu masyarakat yang membutuhkan dana serta mengutamakan keunggulan produk yaitu berbasis syariah. Kedua, pemasaran pembiayaan ijarah yang dilakukan oleh KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan dinilai efektif karena setiap tahun selalu terjadi peningkatan anggota walaupun meningkatnya cenderung fluktuatif, kemudian dengan memberikan pelayanan yang optimal dan totalitas terhadap nasabah.
Tidak tersedia versi lain