Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MATHALIUL ULUM I MALANGAN PADEMAWU
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Modelling the way, hasil belajar.
Dalam proses pembelajaran, seorang guru dituntut untuk bagaimana membuat
kegiatan siswa agar lebih aktif dalam mengikuti pelajaran terutama dalam
penggunaan Strategi Pembelajaran. Strategi Pembelajaran Modelling the way dinilai
dapat menunjang dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena hasil belajar dapat
mengindikasikan keterampilan-keterampilan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, adakah pengaruh strategi
pembelajaran modelling the way terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran
fiqih di MI Mathaliul Ulum I Malangan Pademawu; kedua, Seberapa besar pengaruh
strategi pembelajaran modelling the way terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih di MI Mathaliul Ulum I Malangan Pademawu.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi.
Yang menjadi objek penelitian yaitu siswa kelas IV di MI Mathaliul Ulum yang
berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
angket sebagai data primer, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data
sekunder. Untuk menganalisis data dari hasil penelitian, peneliti menggunakan
analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan
bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Modelling the way terhadap hasil belajar
siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum I. Hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan r
kerja lebih besar dari r tabel, baik pada interval kepercayaan 95% maupun 99% yaitu
0.587>442 maupun 0.587>561. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini
“diterima” dan hasilnya menunjukkan korelasi positif. Adapun besar pengaruh
strategi pembelajaran Modelling the way terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI
Mathaliul Ulum I, memiliki pengaruh yang cukup dengan hasil interpretasi nilai rxy
sebesar 0,587 berada diantara 0.400-0.700. sehingga hipotesis cukup signifikan
“diterima”
Tidak tersedia versi lain