Text
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII DI SEKOLAH MTS. AL-ABROR BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Media visual (Gambar) adalah media berbasis visual memegang peran yang
sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas, merupakan media yang paling
umum dipakai dapat digunakan dimana saja, dimengerti, dan terjangkau dilihat
dari segi biayanya, media gambar dapat memperlancar pemahaman (misalnya
melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan peserta didik,
selain itu media gambar dapat pula menumbuhkan minat peserta didik karena
media gambar dapat memberikan hubungan isi materi pelajaran dengan dunia
nyata.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini
adalah: Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VII putra MTs. Al-Abror
pada mata pelajaran IPS, ada beberapa faktor yang menyebabkan motivasi belajar
peserta didik menjadi rendah yaitu guru selalu menggunakan metode ceramah
tanpa adanya media sebagai alat pendukung, sehingga peserta didik tidak terlibat
aktif dalam pembelajaran IPS dan juga proses pembelajaran IPS di sana terkesan
membosankan. Melihat kenyataan tersebut dibutuhkan suatu usaha untuk
meningkatkan keaktifan peserta didik. Salah satunya adalah dengan menggunakan
media gambar yang tepat dalam pembelajaran IPS, Penelitian ini difokuskan pada
masalah, Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar
peserta didik di kelas VII putra MTs. Al-Abror.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas yang mengikuti model kemmis dan Mc Taggrat yang dilakukan
dengan 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan,
(4) Refleksi. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, dokumentasi, dan test hasil tindakan. Dalam pertemuan ini dijadikan 3
pertemuan kemudian sumber penelitianya yaitu guru IPS, Kepala sekolah, kepala
TU, semua siswa kelas VII putra MTs. Al-Abror Blumbungan Larangan
Pamekasan.
Hasil penelitian mengatakan bahwa media visual (Gambar) pada mata
pelajaran IPS materi perkembangan kehidupan masyarakat praaksara mampu
meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII putra MTs. Al-Abror. Dari
pertemuan pertama hingga ke tiga tingkat motivasi peseta didik mengalami
peningkatan yang sangat baik meskipun awalnya hasil motivasi tidak berhasil
namun lambat laun mereka terbiasa dengan penerapan media gambar sehingga
mereka dapat tergerakkan atau terdorong untuk bersemangat dalam belajar,
terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga proses KBM sudah tidak lagi berjalan
dengan biasa-biasa saja dan tidak terkesan membosankan lagi bagi mereka.
Sehingga dapat disimpulkan pemanfaatan metode, strategi, dan media yang
bervariatif sangatlah penting digunakan dalam proses pembelajaran di kelas oleh
guru karena bertujuan untuk bisa mencapai suatu tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain