Text
INOVASI PRODUK FRENKS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA PANEMPAN PAMEKASAN
Kata Kunci: Inovasi, Peningkatan Pendapatan, Perspektif Ekonomi Islam
Dunia bisnis tidak jauh berbeda dengan perkembangan tehnologi, produk yang saat ini laku di pasaran bisa jadi bulan depan sudah di tinggalkan karena modelnya sudah tidak disukai. Dengan demikian, menjadi penting bagi pelaku bisnis melakukan inovasi. Begitu juga dengan inovasi produksi yang dilakukan di desa panempan tepatnya pada home industri frenks hidroponik produk yang dihasilkan diantaranya, puding organik, salad organil, dan mie organik. Dengan adanya inovasi tersebut pemilik berharap akan meningkatkan terhadap pendapatan. Namun masalah yang sering terjadi dalam aktivitas inovasi produk yaitu produk yang dihasilkan bisa bersaing tanpa menjatuhkan produk lain. hal tersebut tidak sesuai dengan inovasi produk dalam perspektif ekonomi islam dimana produk yang dihasilkan memberikan manfaat, maslahah dan terhindar dari masalah-masalah negatif.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama apakah inovasi produk dapat meningkatkan pendapatan frenks hidroponik di desa panempan kecamatan Pamekasan; kedua bagaimana inovasi produk frenks hidroponik perspektif ekonomi islam di desa panempan kecamatan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primier dan sumber data sekunder. prosedur pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. informannya adalah pemilik frenks hidroponik dan pelanggan frenks hidroponik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, inovasi produk memberikan dampak yang cukup positif diantaranya pendapatan meningkat dari sebelum adanya inovasi, produk frenks hidroponik lebih berkualitas dan berkembang. Kedua,Frenks Hidroponik dalam inovasi produknya tetap berpedoman pada ekonomi syariah yaitu produk yang di inovasi sudah terjamin memiliki manfaat dan tujuannya untuk kemaslahatan konsumen yang mengkonsumsinya. selain itu, frenk hidroponik tidak pernah menanggapi adanya persaingan dalam menjalankan usahanya. Bahkan tidak pernah merasa tersaingi, karena produk yang di hasilkan berbeda dengan produk yang lain.
Tidak tersedia versi lain