Text
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI MTs. BUSTANUL MUBTADIIN PANGORAYAN PROPPO
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik sosiodrama, Kepercayaan diri
Setiap manusia dilahirkan dengan potensi yang sama, namun pada
dasarnya memang bagaimana setiap individu mengembangkan apa yang ada pada
dirinya. Apalagi menginjak masa remaja yang memang rasa kepercayaan diri
sangat penting. Karena memang pada masa peralihan sekolah dasar ke sekolah
menengah sangat perlu kepercayaan diri agar dapat bersosialisasi dengan orang
baru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu dan meningkatkan
kepercayaan diri siswa yang kepercayaan dirinya rendah dengan pemberian
layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama,
Adakah Efektivitas pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik
sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MTs. Bustaul
Mubtadiin Pangorayan-proppo, kedua, Seberapa besar Efektivitas pelaksanaan
Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa di MTs Bustaul Mubtadiin Pangorayan-proppo.
Penelitian ini termasuk Penelitian dengan rancangan eksperimen one group
pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala
kepercayaan diri dan menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai
pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
paired sampel t tes. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan
memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama kepada
siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa: pertama, Ada pengaruh bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MTs. Bustanul
Mubtadiin Pangorayan Proppo. Kedua, Tingkat efektivitas bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan kepercayaan diri siswa di MTs.
Bustanul Mubtadiin Pangorayan Proppo. ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 79.55 sedangkan jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 57.90.
Berdasarkan pengambilan uji Paired Sampel T test, dapat diketahui perbedaan
sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MTs. Bustanul
Mubtadiin Pangorayan Proppo. ditujukkan dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima,
Juga dapat dilihat dari hasil t hitung (10.175) > t tabel (2.093) jadi dapat
disimpulkan juga ada pengaruh variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y).
Tidak tersedia versi lain