Text
PRAKTIK KEJUJURAN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI RUMAH MAKAN BALAI REDJO JL. NIAGA PAMEKASAN
Kata Kunci: Praktik Kejujuran, Pengembangan SDM
Setiap pekerjaan yang baik yang dilakukan karena Allah sama halnya
dengan melakukan jihad fi sabilillah gBekerja, jihad memerlukan motivasi,
sedangkan motivasi memerlukan pandangan hidup yang jelas dalam memandang
sesuatu. Itulah yang dimaksud dengan etos, dan etos seorang muslim harus selalu
dilandasi Al-Qur’an dan hadist. Dasar sikap yang koperatif ini tidak terlepas dari
prinsip Islam yang menilai perbedaan pendapatan sebagai sebuah Sunnatullah,
landasannya, antara lain bahwa etos kerja dan kemampuan seorang harus dihargai
dibanding seorang pemalas atau yang tidak mampu berusaha.
Peneliti meneliti Rumah Makan Balai Redjo untuk membuktikan seberapa
jauh penerapan kejujuran dan pengembangan SDM ini.Sehingga para pembisnis
lainnya bisa mempunyai pandangan bahwa dalam Islam mengenal dan
mendahulukan Kejujuran bahkan dengan adanya hal tersebut tidak merugikan kita
sebagai produsen namun bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan hal
tersebut.
Bahwa permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana Implementasi kejujuran di Rumah makan Balai Redjo Pamekasan
adalah?
Perilaku yang baik dalam melayani konsumen seperti memberikan pilihan menu
yang disediakan agar pelanggan tidak merasa sungkan.
Kejujuran, misalnya ketika pelanggan memesan menu yang dipilih, maka
karyawan akan mencatan menu apa yang akan mereka beli.
Catatan menu tersebut bukan nota melainkan catatan menu yang habis terjual
untuk disetorkan pada pemilik Rumah Makan Balai Redjo, sehingga meskipun
tanpa nota bukti kejujuran dari karyawan tersebut kepada owner cukup
memberikan catatan menu makanan yang sudah terjual.
Ramah terhadap konsumen dalam artian setiap karyawan selalu melayani
konsumen dengan intonasi nada yang sopan tidak ketus dan lebih menghargai
kritikan atau komentar dengan cara yang baik
Penerapan Kejujuran dalam Islam dirumah Makan Balai Redjo sudah
memenuhi .kriteria seperti:. Sementara Pengembangan SDM di Rumah makan
balai redjo menerapkan pelatihan yang dilakukan oleh karyawan, seperti harus
tepat waktumulai dari masak hingga hidangan makanan harus selesai sebelum
pelanggan datang. Pengembangan SDM ini membuat karyawan memiliki cara
sendiri agar banyak konsumen yang datang seperti mempromosikan ke tetangga
atau teman terlebih dahulu, dan pengembangan SDM ini meskipun para
karyawan sudah bertahun-tahun bekerja dirumah makan balai redjo tidak pernah
terjadi kecurangan, karena prinsip yang mereka terapkan adalah kejujuran. Setiap
karyawan yang melakukan pekerjaan dengan giat dan jujur akan mendapatkan
bonus lain dari owner.
Tidak tersedia versi lain