Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG CAMPLONG SAMPANG MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, dan Loyalitas
Nasabah.
Pelayanan, kepercayaan dan kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat
penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam waktu jangka panjang.
Untuk memperoleh loyalitas nasabah, BMT harus melakukan usaha yang optimal
terutama dari segi pelayanan agar sesuai dengan harapan nasabah. Tujuannya ialah
untuk memberikan kepuasan dalam diri nasabah sehingga akan selalu bertransaksi
secara berulang-ulang di BMT tersebut. Permasalahan yang akan diuji dalam
penelitian ini yaitu peneliti ingin menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan dan
Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Camplong Sampang Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tekhnik analisis data
menggunakan regresi linear berganda dengan variabel intervening, juga dengan
bantuan alat analisis SPSS 24. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Camplong Sampang. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik Accidental Sampling dengan rumus Lemeshow dan jumlah
responden yang diambil sebanyak 100 nasabah. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji Signifikansi secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung sebesar 7,306>
Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel kualitas
layanan, kepercayaan, dan kepuasan nasabah mempunyai pengaruh secara simultan
terhadap loyalitas nasabah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong
Sampang. Hasil uji parsial (uji t) kualitas layanan (X1) diperoleh thitung sebesar 1,824
>ttabel 1,660 dengan taraf signifikan 0,001< 0,05, variabel kepercayaan(X2) diperoleh
thitung sebesar 2,444> ttabel 1,660 dengan taraf signifikan 0,006< 0,05, dan variabel
kepuasan nasabah (Z) diperoleh thitung sebesar 1,754> ttabel 1,660 dengan taraf
signifikan 0,003< 0,05. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, dan
Z berpengaruh secara parsial terhadap Y. Hasil analisis R2 sebesar 48,6%. Artinya,
48,6% variabel loyalitas nasabah dipengaruhi oleh variabel independen yaitu kualitas
layanan, kepercayaan, dan kepuasan nasabah. Sedangkan 51,4% dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya. Hasil perhitungan Zhitung persamaan 1&2 diperoleh nilai
sebesar Ztabel 1,960, dapat disimpulkan bahwa variabel keduanya
(X1 dan X2) tidak dapat memediasi terhadap loyalitas nasabah. Besaran koefisien
dari variabel kepercayaan lebih besar pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah sebesar2,444. Dibandingkan ketika harus melalui kepuasan nasabah sebagai variabel
intervening.
Tidak tersedia versi lain