Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA TABUNGAN IDUL FITRI DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG KOTA PAMEKASAN
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Anggota
BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan menyadari betapa pentingnya
peningkatan kualitas layanan dan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan anggota. Tidak terlepas juga tabungan idul fitri sebagai salah satu produk
simpanan BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Tabungan idul fitri adalah
simpanan dana dengan akad wadiah yadhdhamanah yang digunakan untuk
kebutuhan hari raya idul fitri. Dengan ini terdapat tiga rumusan masalah dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama apakah terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan anggota tabungan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Cabang Kota
Pamekasan. Kedua apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan
anggota tabungan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Cabang Kota Pamekasan. Ketiga
apakah terdapat pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan
anggota tabungan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Cabang Kota Pamekasan.
Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
melalui penyebaran kuesioner kepada anggota tabungan idul fitri BMT UGT
Sidogiri Cabang Kota Pamekasan. Sampel yang diambil sebanyak 75 responden
dengan menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner
akan diolah menggunakan SPSS versi 24 dan dianalisis menggunakan analisis
regresi linear berganda. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi
linear berganda, uji T, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik.
Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa kualitas layanan secara persial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan idul fitri di BMT UGT
Sidogiri Cabang Kota pamekasan yang ditunjukkan besarnya nilai 0,000 lebih kecil
dari 0,05 dengan nilai T hitung sebesar 10,370. Hal ini mengindikasikan bahwa
semakin baik kualitas layanan yang diberikan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang
Kota Pamekasan kepada anggota maka akan semakin meningkat kepuasan anggota
tabungan idul fitri. Kualitas produk secara persial tidak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan idul fitri di BMT UGT Sidogiri
Cabang Kota pamekasan yang ditunjukkan besarnya nilai 0,844 lebih besar dari
0,05 dengan nilai t hitung sebesar 0,197. Uji Ftest menunjukkan kualitas layanan dan
kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan anggota tabungan idul fitri di BMT UGT Sidogiri Cabang Kota
Pamekasan yang ditunjukkan besarnya nilai F hitung sebesar 119.331 dan nilai
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan apabila kualitas
layanan dan kualitas produk meningkat maka akan meningkatkan kepuasan anggota
dan meningkatkan harapan anggota untuk menabung. Kualitas layanan dan kualitas
produk mempunyai hubungan yang kuat dengan kepuasan anggota hal ini dapat
diketahui dari nilai koefisien korelasi (R) yakni sebesar 0,876. Sedangkan nilai
koefisien determinasi (R2) diketahui nilainya sebesar 0,768 artinya kontribusi
kualitas layanan dan kualitas produk mampu menjelaskan variabel dependen
sebesar 76,8% sedangkan sisanya 23,2% dijelaskan variabel diluar model ini.
Tidak tersedia versi lain