Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJAARAN BERBASIS E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI AN NAJAH PASONGSONGAN SUMENEP
Kata Kunci : Media Pembela
jaran, E-learning, Pembelajaran IPA, Minat Belajar.
Media pembelejaran memiliki peran penting dalam dunia pendidikan sebagai alat
komunikasi pembelajaran agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien dalam
bentuk tenaga dan waktu, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang
lebih baik. Dengan diterapkannya media berbasis e-learning ini siswa lebih semangat
dan termotivasi dalam pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa
kelas IV MI An Najah Pasongsongan Sumenep terutama pada pembelajaran IPA karena
dalam mata pelajaran IPA lebih banyak dengan gambar-gambar, maka dari itu guru
perlu sebuah inovasi dalam kegiatan belajar mengajar berupa video dan gambar
interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah persiapan media berbasis elearning. Kedua penggunaan media berbasis e-learning untuk mengetahui cara guru
meningkatkan minat belajar siswa dalam menggunakan media berbasis e-learning
termasuk dampak dan kendala media e-learning. Ketiga hasil saat sebelum dan
sesudah menggunakan media berbasis e-learning dalam meningkatkan minat belajar
siswa.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan triangulasi, wawancara
atau interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini kondensasi data, penyajian data, penarik kesimpulan atau verifikasi. Objek
penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV MI An Najah Pasongsongan
Sumenep.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa,Pertama, langkah persiapan media
berbasis e-learning yaitu guru membuat RPP, kemudian guru mensosialisasikan kepada
siswa, dan memastikan siswa memiliki kuota dan selalu didampingi oleh walinya hingga
pembelajaran berakhir.Kedua, penggunan media berbasis e-learning di MI An Najah
berjalan dengan baik, perkembangan minat belajar siswa kelas IV MI An Najah
berkembang sesuai dengan lingkungan yang memberikan variasi kepada siswa dengan
video atau gambar interaktif hal ini membuat minat belajar siswa semakin meningkat,
Ketiga, hasil sesudah menggunakan media e-learning diukur dari nilai siswa yang ratarata di atas KKM.
Tidak tersedia versi lain